Cara Gampang Menyiapkan Mangut Lele Kemangi yang Bikin Ngiler

Allen Bell   10/11/2020 18:08

Mangut Lele Kemangi
Mangut Lele Kemangi

Sedang mencari inspirasi resep mangut lele kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele kemangi yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele kemangi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mangut lele kemangi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut lele kemangi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut Lele Kemangi menggunakan 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mangut Lele Kemangi:
  1. Ambil 3 ekor ikan lele
  2. Siapkan 1 ikat kemangi
  3. Sediakan 13 bh cabe rawit merah
  4. Siapkan 7 bh bawang merah
  5. Ambil 5 bh bawang putih
  6. Sediakan 1 ruas jahe
  7. Sediakan 1 ruas lengkuas
  8. Sediakan 1 ruas kunyit
  9. Siapkan 1 batang serei
  10. Gunakan 2 lembar daun salam
  11. Ambil 3 lembar daun jeruk
  12. Siapkan 2 bh kemiri di sangrai
  13. Sediakan 1 sdm ketumbar
  14. Gunakan 1/2 sdm merica
  15. Siapkan 1 bungkus santan kara kecil
  16. Ambil 2 bh jeruk nipis
  17. Siapkan 1 sdm garam
  18. Sediakan 1/2 sdm gula pasir
  19. Gunakan 2 gelas air putih

Masakan lele mangut kemangi adalah makan lezat dengan bahan dasar ikan lele yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan. Ciri khas dari resep lele mangut kemangi adalah daun kemangi yang digunakan sebagai rempah-rempah dalam membuat lele mangut kemangi. Bahan-bahan yang di perlukanpun mudah untuk di dapat dan proses pembuatan-nya cukup sederhana. Sajian mangut ikan lele bersama daun kemangi merupakan sajian yang istimewa.

Cara menyiapkan Mangut Lele Kemangi:
  1. Bersihkan ikan lele lalu potong 2 bagian lalu rendam dgn air jeruk 10 mnt bilas beri garam
  2. Goreng lele hingga mateng tp jgn terlalu kering
  3. Bahan yg dihaluskan bawang merah,bawang putih,cabe,merica,ketumbar,jahe,kunyit,lengkuas,kemiri
  4. Tumis semua bumbu yg sdh dihaluskan masukkan serai,daun salam,daun jeruk buang batang tengahnya masak hingga harum & mateng
  5. Setelah itu masukkan santan dan beri air putih,masukkan garam,gula pasir aduk2 hingga rata biar santannya gak pecah
  6. Baru masukkan daun kemangi koreksi rasanya yah
  7. Setelah itu baru deh masukkan ikan lelenya masak hingga bumbunya meresap dan siap deh di hidangkan

Ikan lele digoreng saja sudah lezat. Tekstur lembut dengan rasanya yang gurih makin menonjol. Sajian ikan yang begitu gurih yang dipadu dengan bumbu dan rempah yang sedap, membuat rasanya semakin lezat dan special. Kalo di rumah mama se ini udh sering banget dimasak tapi biasanya se mama di bakar biar aromanya lbh keluar tp krn aq gak punya alat pembakaran jd nya di goreng hehe & baru kali ini aq masakin buat se suam gak tau nya dia suka banget 😀 Mangut Lele Kemangi. Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut Lele Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved