Resep Mangut lele pedes ala mami #BikinRamadhanBerkesan, Lezat Sekali

Theresa Anderson   25/08/2020 18:09

Mangut lele pedes ala mami #BikinRamadhanBerkesan
Mangut lele pedes ala mami #BikinRamadhanBerkesan

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut lele pedes ala mami #bikinramadhanberkesan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele pedes ala mami #bikinramadhanberkesan yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Lele Pedas enak lainnya. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele pedes ala mami #bikinramadhanberkesan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut lele pedes ala mami #bikinramadhanberkesan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut lele pedes ala mami #bikinramadhanberkesan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut lele pedes ala mami #BikinRamadhanBerkesan memakai 16 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Mangut lele pedes ala mami #BikinRamadhanBerkesan:
  1. Siapkan 1 kg lele (bersihkan, buang kepalanya, kalo saya)
  2. Siapkan 2 lembar daun salam
  3. Siapkan 1 genggam daun kemangi
  4. Ambil 2 batang sere (geprek)
  5. Ambil 2 cm jahe (geprek)
  6. Siapkan 2 cm laos (biarkan utuh)
  7. Sediakan 10 rawit biarkan utuh (opsional)
  8. Gunakan 250 ml santan (karra +air)
  9. Gunakan Bumbu halus ::
  10. Sediakan 5 siung bawang putih
  11. Gunakan 8 siung bawang merah
  12. Sediakan 3 cm kencur
  13. Gunakan 3 buah Lombok merah besar (buang bijiny)
  14. Sediakan 15 rawit merah pedas (opsional)
  15. Siapkan secukupnya Garam
  16. Sediakan secukupnya Gula

Ada yang meracikan ala pecel, cobek dan […] Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran.

Cara menyiapkan Mangut lele pedes ala mami #BikinRamadhanBerkesan:
  1. Bersihkan lele, kalo saya saya mesti buang kepala lelenya jadi gak pake kepala 😁
  2. Goreng lele hingga kering /sesuai selera.. Angkat tiriskan
  3. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukan sere, daun salam, Laos, jahe terakhir masukan lele… Tumis bentar lalu masukan santan nya…
  4. Setelah mendidih masukan garam dan rawit utuh.. Biarkan sampai bumbu meresap ato santan berkurang..
  5. Setelah di rasa cukup, dan rasa nya pas barulah masukan daun kemangi aduk aduk lalu matikan api…
  6. Note :: daun kemangi di masukan terakhir yah, cuma sebentar saja lalu matikan kompor…

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya. Mangut merupakan makanan khas Mataram dan banyak dijumpai di sekitaran Pantai Selatan Yogyakarta - Solo, dan Pantai Utara Kendal - Semarang. Mangut Lele di sini disajikan dengan aneka lalapan. Mangut Lele Santan Pedas, membayangkan wangi dan begitu unik rasa dari mangut lele adalah keistimewaan tersendiri, apalagi ketika menyantapnya saat hangat da.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut lele pedes ala mami #BikinRamadhanBerkesan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved