Resep Kue Pancong/Kue Bandros yang Bikin Ngiler

Brian Rios   01/12/2020 00:09

Kue Pancong/Kue Bandros
Kue Pancong/Kue Bandros

Anda sedang mencari ide resep kue pancong/kue bandros yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue pancong/kue bandros yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. It is a commonly found snack in Indonesian traditional markets. Kue pancong cenderung memiliki rasa yang gurih dan asin, hampir sama seperti kue bandros.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue pancong/kue bandros, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kue pancong/kue bandros enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue pancong/kue bandros sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Kue Pancong/Kue Bandros memakai 10 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Pancong/Kue Bandros:
  1. Siapkan 150 gram kelapa parut (saya 160 gram)
  2. Sediakan 150 gram tepung beras
  3. Ambil 2 sdm gula pasir
  4. Sediakan 1 butir telur kocok lepas
  5. Ambil 1/4 sdt garam
  6. Gunakan 250 ml air
  7. Siapkan 200 ml santan
  8. Ambil 50 gram tepung beras
  9. Gunakan 2 lembar daun pandan
  10. Ambil Gula pasir secukupnya untuk taburan

Inilah jajanan murah meriah yang disukai berbagai kalangan, populer di berbagai kota. resep jajan tradisional KUE BANDROS by Catharina Maria Sri Sumarti. Jajanan sederhana, di beberapa daerah, punya sebutan lain, kue pancong, rangin. Sahabatdapur.com- Dari ketiga kue tradisonal ini kue bandros juga disebut dengan kue pancong atau kue gandos rangin. Apa saja sih perbedaannya yuk simak penjelasannya berikut ini.

Cara menyiapkan Kue Pancong/Kue Bandros:
  1. Campur jadi satu tepung beras (150 gram),kelapa parut,garam gula pasir.Aduk hingga berbutir2
  2. Dalam panci masak jadi satu tepung beras (50gr),santan,daun pandan.masak hingga menjadi bubur kental.Lalu campur dalam campuran tepung beras dan kelapa tadi
  3. Aduk hingga rata tambahakan air telur,aduk rata,disini saya tambahkan sedikit esence vanili.
  4. Panaskan cetakan.oles tipis dengan minyak goreng.Tuang adonan.tutup.masak hingga matang
  5. Tata kue pancong diatas piring saji,taburi gula pasir.sajikan

Kue Pukis Kue ini berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula, telur, susu atau santan. Kue tradisional yang sangat familiar sebagai salah satu dari aneka jajanan pasar ini bernama kue bandros. Kue ini berbentuk mirip dengan kue pancong, enak disajikan dengan taburan gula pasir bahkan terkadang disajikan bersama saus pedas. Kue pancong digadang-gadang sebagai makanan khas Betawi, khususnya Jakarta. Ada dua versi mengenai kue pancong dari segi bahan bakunya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue pancong/kue bandros yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved