Bagaimana Menyiapkan Mangut Lele Daun Kemangi yang Menggugah Selera

Lina Joseph   05/11/2020 19:52

Mangut Lele Daun Kemangi
Mangut Lele Daun Kemangi

Anda sedang mencari ide resep mangut lele daun kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele daun kemangi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele daun kemangi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut lele daun kemangi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut lele daun kemangi sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Mangut Lele Daun Kemangi memakai 22 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Mangut Lele Daun Kemangi:
  1. Gunakan 5 ekor ikan lele
  2. Sediakan 1 bgks santan kara
  3. Ambil 3 lembar daun salam
  4. Gunakan 1 btg serai, geprek
  5. Sediakan 600 ml air
  6. Siapkan 1 ruas Lengkuas (geprek)
  7. Sediakan 3 bh cabai merah, iris serong
  8. Siapkan 2 bh cabai ijo, iris serong
  9. Gunakan 1 bh tomat, iris
  10. Siapkan Daun kemangi, petiki
  11. Gunakan Secukupnya garam dan gula
  12. Siapkan secukupnya Air perasan jeruk nipis
  13. Gunakan Secukupnya minyak untuk menggoreng
  14. Gunakan Bahan Halus :
  15. Gunakan 6 btr bawang merah
  16. Ambil 4 siung bawang putih
  17. Sediakan 2 cm kencur
  18. Gunakan 2 cm kunyit
  19. Gunakan 2 butir kemiri
  20. Ambil 1 ruas jahe
  21. Ambil 4 bh cabai setan
  22. Sediakan 3 bh cabai merah

Jangan lupa bagikan resep ini ke teman-teman anda. Untuk berlangganan resep secara gratis silahkan aktifkan notifikasi. Lumuri lele dengan air jeruk nipis dan garam. Goreng lele di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.

Cara membuat Mangut Lele Daun Kemangi:
  1. Cuci bersih lele. Untuk menghilangkan bau amis, cuci ikan lele sembari melumurinya dengan air perasan jeruk nipis. Sebelum digoreng taburi lele dengan garam dn lada bubuk. diamkan kurleb 1 jm d kulkas. Goreng lele sampai setengah matang dan sedikit mengering. Sisihkan
  2. Tumis bumbu halus. Masukkan daun salam, serai, dan lengkuas. Aduk-aduk hingga harum.
  3. Masukkan air & santan. Lalu masukkan lele, cabe iris & tomat.
  4. Masak sampai bumbu meresap & kuah agak mengental. Angkat dan sajikan.

Masakan lele mangut kemangi adalah makan lezat dengan bahan dasar ikan lele yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan. Ciri khas dari resep lele mangut kemangi adalah daun kemangi yang digunakan sebagai rempah-rempah dalam membuat lele mangut kemangi. Bahan-bahan yang di perlukanpun mudah untuk di dapat dan proses pembuatan-nya cukup sederhana. Masukkan lengkuas dan daun salam, kemudian aduk-aduk. Masukkan ikan lele yang sudah di goreng, campur hingga merata biarkan sebentar supaya bumbu meresap.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut lele daun kemangi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved