Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sup Ayam Khas Padang Anti Gagal

Julia Arnold   24/09/2020 05:50

Sup Ayam Khas Padang
Sup Ayam Khas Padang

Sedang mencari ide resep sup ayam khas padang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sup ayam khas padang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Kuliti ayam, kemudian lumuri ayam tanpa kulit ini dengan air jeruk nipis dan garam, ratakan. Didihkan air, masukkan ayam, bawang merah, bawang putih halus, garam, dan daun salam. Rebus ayam hingga matang dan cukup lunak.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sup ayam khas padang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sup ayam khas padang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sup ayam khas padang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sup Ayam Khas Padang menggunakan 16 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sup Ayam Khas Padang:
  1. Ambil 1/2 ekor ayam, potong menjadi 6 bagian
  2. Sediakan 250 gr kentang, kupas lalu potong-potong
  3. Ambil 3 buah wortel, kupas lalu potong bulat-bulat
  4. Siapkan 1 batang daun bawang, potong 1 cm
  5. Ambil 3 batang seledri, potong 1 cm
  6. Siapkan 1 buah tomat, potong menjadi 8 bagian
  7. Ambil 2 buah kapulaga
  8. Siapkan 1 cm kayumanis
  9. Siapkan 1 bks kaldu instant
  10. Siapkan secukupnya air
  11. Siapkan Bumbu yang dihaluskan:
  12. Sediakan 4 butir bawang merah
  13. Sediakan 2 siung bawang putih
  14. Sediakan 1/4 sdt merica
  15. Ambil secukupnya pala
  16. Ambil secukupnya garam

Bumbu gulai yang menggunakan hasil rempah Indonesia menciptakan rasa yang khas dan nikmat. Gulai ayam ini bisa dibuat dari ayam potong biasa yang sering dijual dipasaran. Makanan ini mirip dengan soto bening atau sup ayam dimana penggunaan bumbu-bumbunya hampir sama terutama bawang dan jahe namun untuk mendapatkan rasa Miso khas kota Padang kita harus menambahkan bumbu bubuk dan minyak miso. Baca juga: Resep Ayam Pop Khas Padang, Lengkap dengan Sausnya.

Cara membuat Sup Ayam Khas Padang:
  1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong tadi, tiriskan.
  2. Rebus ayam beserta dengan kapulaga dan kayumanis hingga ayam empuk.
  3. Masukkan wortel dan kentang dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi beserta dengan daun bawang, tomat dan kaldu instant. Biarkan kembali hingga mendidih. Setelah mendidih dan sayuran matang, masukkan daun seledri. Aduk sebentar lalu angkat.
  4. Sajikan Sup Ayam Khas Padang dengan nasi hangat dan Perkedel Kentang Wortel (lihat resep Perkedel Kentang Wortel).

RESEP MEMBUAT Udang Goreng Tepung RESEP MEMBUAT Tahu Masak Tauco RESEP MEMBUAT SUP AYAM Khas Padang RESEP MEMBUAT Steak Ikan Marlin RESEP MEMBUAT Smoked Sushi Salmon Roll Asap RESEP MEMBUAT Sauto. Ayam Pop Saus Padang - Resep Ayam Sayur Padang Resep ayam ini ditujukan bagi Anda yang ingin mencoba olahan sehat. Ciri khas Ayam Pop Padang adalah warnanya yang terlihat pucat. Namun, rasa masakan ini tidak kalah lezat dengan olahan lain. Bumbu yang diperlukan untuk membuat olahan ini adalah bawang merah dan putih, jahe, kemiri serta.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sup Ayam Khas Padang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved