Bagaimana Menyiapkan Lodho ayam kampung yang Menggugah Selera

Willie Pierce   29/09/2020 02:16

Lodho ayam kampung
Lodho ayam kampung

Anda sedang mencari ide resep lodho ayam kampung yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal lodho ayam kampung yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube. Lodho ayam ini termasuk makanan khasnya trenggalek yah cookpaders, kebetulan suami lagi punya banyak ternak ayamnya, jd gapapa ya kalo sesekali sembelih sndiri, daripada beli lumayan kan hrganya kalo ayam kampung hehee. Seperti ayam lodho di tempat lainnya, di sini juga akan menyajikan sajian ayam lodho yang terbuat dari ayam kampung asli Jawa, dan disajikan dengan kuah kental yang gurih, lezat dan pedas.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lodho ayam kampung, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan lodho ayam kampung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan lodho ayam kampung sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Lodho ayam kampung menggunakan 17 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Lodho ayam kampung:
  1. Gunakan 1 ekor ayam kampung
  2. Siapkan 1 buah Nanas
  3. Gunakan 1 buah jeruk nipis besar
  4. Ambil 500 ml Santan kelapa
  5. Sediakan 2 batang Serai geprek
  6. Ambil 3 lembar Daun jeruk
  7. Sediakan seujung jari Lengkuas jempol geprek
  8. Ambil Bumbu halus:
  9. Gunakan 7 siung Bawang putih
  10. Siapkan 15 siung Bawang merah
  11. Ambil 2 ruas Kencur
  12. Siapkan seujung jari jempol Jahe
  13. Siapkan 1 sdt Jintan bubuk
  14. Ambil secukupnya Garam
  15. Sediakan secukupnya Penyedap
  16. Gunakan secukupnya Lada
  17. Ambil secukupnya Minyak goreng

Apabila biasanya ayam banyak diolah menjadi sajian ayam goreng, ayam lodeh ataupun ayam bakar, cobalah Anda sesekali membuat menu masak ayam lodho. Ayam lodho merupakan sajian masakan yang bukan. Selain rasanya yang lezat, ternyata lodho ayam kampung juga memiliki banyak sekali kandungan gizi. Selain gizi lodho ayam khas Trenggalek yang berada pada daging ayam kampungnya, juga cara penyajian atau proses memasaknya memiliki manfaat tersendiri untuk menjaga gizi yang ada serta aman.

Langkah-langkah membuat Lodho ayam kampung:
  1. Blender nanas kemudian lumuri ayam dengan nanas tersebut, diamkan 15-20 menit.
  2. Cuci bersih ayam kemudian lumuri jeruk nipis, garam, lada, minyak goreng dan garam secukupnya.
  3. Panggang ayam sampai agak coklat dan tiriskan.
  4. Tumis serai, lengkuas, daun jeruk hingga harum kemudian masukkan bumbu halus hingga harum.
  5. Masukkan santan, jintan bubuk, garam dan penyedap secukupnya.
  6. Icip, jika rasa sudah pas masukkan ayam panggang.
  7. Aduk sebentar kemudian sajikan.

Intinya , Ayam Lodho adalah ayam kampung bakar/panggang yang di masak lagi dalam santan dengan bumbu mirip kari pedas. Karena di masak sangat lama dengan api kecil-biasanya dengan kayu, bukan raang ataupun kompor gas, santanya yang kental dan kering. Ayam Lodho, masakan traditional khas Tulungagung-Jawa Timur. Dari asalnya, Ayam Lodho adalah ayam kampung yang dibakar/panggang, kemudian dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu alami. Lihat juga resep Ayam Lodho enak lainnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat lodho ayam kampung yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved