Resep Lodho Ayam Kampung Khas Tulungagung Anti Gagal

Roxie Bryant   01/09/2020 09:38

Lodho Ayam Kampung Khas Tulungagung
Lodho Ayam Kampung Khas Tulungagung

Anda sedang mencari inspirasi resep lodho ayam kampung khas tulungagung yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal lodho ayam kampung khas tulungagung yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Lodho Ayam Kampung Khas Tulungagung enak lainnya. Resep Ayam: Ayam Lodho Khas Tulungagung. Jakarta - Keunikan olahan ayam khas Jatim ini terletak pada kuah santan yang kental.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari lodho ayam kampung khas tulungagung, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan lodho ayam kampung khas tulungagung enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan lodho ayam kampung khas tulungagung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Lodho Ayam Kampung Khas Tulungagung menggunakan 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Lodho Ayam Kampung Khas Tulungagung:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung (saya presto sekitar 5 menit dihitung sejak bunyi mendesis dengan 3 siung bawang putih geprek, daun salam, garam, dan kaldu bubuk)
  2. Ambil 800 ml santan cair
  3. Gunakan 200 ml santan kental
  4. Sediakan Secukupnya gula, garam, lada, kaldu bubuk/penyedap (jika berkenan)
  5. Siapkan Bumbu halus
  6. Gunakan 5 siung bawang putih
  7. Gunakan 8 siung bawang merah
  8. Gunakan 3-4 biji cabe merah besar/8 biji cabe keriting
  9. Ambil 8 butir kemiri (sangrai)
  10. Gunakan 1 sdm ketumbar (sangrai)
  11. Ambil 1/2 sdt merica
  12. Sediakan 4 cm kunyit
  13. Gunakan 5 biji cabe rawit (sesuai selera)
  14. Siapkan Bumbu cemplung
  15. Ambil 10 biji cabe rawit utuh (sesuai selera)
  16. Ambil 2 lembar daun salam
  17. Siapkan 4 lembar daun jeruk
  18. Siapkan 2 batang serai (geprek)
  19. Gunakan 3 cm lengkuas (geprek)
  20. Siapkan 1 cm jahe (geprek)

Sekilas mirip sama ayam pedas khas Banyuwangi. Bedanya, kalau lodho ayam ini pasti datang bersama urap sayur dan nasi gurih. Begitu dilahap jadi satu makin kaya rasa. Gurih, asin, manis, pedas dan wangi bakarannya sedap.

Cara menyiapkan Lodho Ayam Kampung Khas Tulungagung:
  1. Goreng setengah matang bawang putih, bawang merah, cabe merah/keriting, rawit (tidak perlu disendirikan ya menggorengnya, ini krn saya kelupaan๐Ÿ˜…). Blender bersama ketumbar sangrai, kemiri sangrai, kunyit, dan merica.
  2. Masukkan bumbu halus dalam wajan. Tuangkan santan cair. Masukkan ayam kampung. Tambahkan sedikit gula, garam, lada, kaldu bubuk/penyedap jika berkenan.
  3. Setelah mulai mendidih, masukkan santan kental, cabe rawit utuh, daun salam, daun jeruk, serai geprek, lengkuas geprek, dan jahe geprek. Koreksi rasa.
  4. Ambil ayam lalu panggang hingga kecoklatan. Kemudian masukkan kembali ke dalam kuah. (Pada resep asli, metode memanggang ayam dilakukan pertama tanpa dibumbui. Tapi saya memanggang di akhir setelah dibumbui. Silakan disesuaikan selera teman-teman ya๐Ÿ˜Š)
  5. Masak ayam hingga empuk lalu sajikan. (TIPS: jika saya, pada tahap pertama, ayam saya presto dahulu selama 5 menit sehingga tidak memerlukan waktu yang lama (>1jam) untuk mengempukkan ayam kampung. Saya presto ayam dengan bawang putih, daun salam, garam, dan kaldu bubuk. Sekali lagi, sesuaikan dengan selera ya). Silakan mencoba! ๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘๐Ÿป

Ayam lodho Pak Yusuf memang cukup populer sebagai penyedia ayam lodho yang lezat. Tak hanya di kawasan Tulungagung saja, bagi Anda yang sedang berada di kawasan Trenggalek dan ingin mencicipi sensasi kuah kental dan pedasnya makanan ini, bisa mengunjungi rumah makannya di Jalan Raya Kedunglurah, Pagolan, Trenggalek, Jawa Timur. Sulit sekali mencari konfirmasi tentang riwayat tentang usul-usul masakan khas Jawa Timur ini. Ada yang bilang masakan ini khas Tulungagung. Tetapi, ada juga yang menyebut Trenggalek maupun Lumajang sebagai tempat " kelahiran" masakan ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Lodho Ayam Kampung Khas Tulungagung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved