Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mangut lele pedas yang Enak

Joshua Lyons   20/09/2020 05:26

Mangut lele pedas
Mangut lele pedas

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut lele pedas yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele pedas yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele pedas, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mangut lele pedas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut lele pedas yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut lele pedas memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mangut lele pedas:
  1. Ambil 0,5 kg lele
  2. Sediakan Cabe merah
  3. Sediakan Cabe rawit
  4. Siapkan Bawang merah
  5. Siapkan Bawang putih
  6. Siapkan Kemiri putih
  7. Gunakan Tomat
  8. Gunakan Gula merah
  9. Sediakan Kemangi
  10. Gunakan Kecap

Btw, kali ini mau share resep mangut lele. Mangut lele punya ciri khas di asap terlebih dahulu biar ada wangi-wangi asapnya gituu. Tapiii ini saya ngga pake di asap yaa, karna biar simplee wkwk😌 #J. Mangut merupakan makanan khas Mataram dan banyak dijumpai di sekitaran Pantai Selatan Yogyakarta - Solo, dan Pantai Utara Kendal - Semarang.

Cara membuat Mangut lele pedas:
  1. Goreng lele dengan taburan bawang putih garam dan kunyit.
  2. Campurkan bawang merah, putih, kemiri, cabe merah, rawit, tomat dan gula merah.
  3. Tumis bumbu yang sudah di campur tadi sampai wangi.
  4. Masukkan lele yang sudah digoreng, aduk hingga tercampur.
  5. Tambahkan kecap. Koreksi rasa.
  6. Masukkan kemangi. Dan siap hidangkan.

Mangut Lele di sini disajikan dengan aneka lalapan. Mangut lele goreng bumbu pedas ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat karena bahan-bahan nya mudah di dapat, cara membuat-nya pun tidak sulit, dan sudah pasti lezat. Membayangkan wangi dan begitu lezat-nya rasa dari lele mangut goreng bumbu pedas adalah keistimewaan tersendiri. Apalagi ketika menyantapnya saat masih hangat dan segar. Ya udah lah ya, bikin aja mangut, buat mengobati rindu akan masakan ibu. 🥰 Mangut Lele Pedas by Intanrony

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut lele pedas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved