Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Panggang Jawa yang Lezat Sekali

Wesley Moore   20/09/2020 08:20

Ayam Panggang Jawa
Ayam Panggang Jawa

Sedang mencari ide resep ayam panggang jawa yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang jawa yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam Panggang Kalasan (utuh) enak lainnya. Ayam Panggang Jawa Asli Mbok Cimplek. Find places and points of interest around Ayam Panggang Jawa Asli Mbok Cimplek Kecilkan api, mskkan ayam, air asam & gula jawa.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam panggang jawa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam panggang jawa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam panggang jawa yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Panggang Jawa menggunakan 28 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Panggang Jawa:
  1. Siapkan 1 Ayam kampung
  2. Ambil 3 Daun salam
  3. Siapkan 5 Daun jeruk
  4. Gunakan 250 ml Air kelapa
  5. Sediakan 500 ml Santan
  6. Sediakan 500 ml Air
  7. Gunakan 3 cm Lengkuas-geprek
  8. Siapkan 2 Sereh-geprek
  9. Gunakan 50 gr Gula jawa
  10. Gunakan 2 st Air asam
  11. Siapkan 3 sm Minyak
  12. Siapkan 1 ½ sm Garam
  13. Gunakan ½ Jeruk nipis-peras airnya
  14. Siapkan Haluskan:
  15. Siapkan 1 sm Ketumbar-sangrai
  16. Gunakan 1 st Lada
  17. Gunakan ½ st Jintan
  18. Gunakan 2 cm Kencur
  19. Gunakan 5 Kemiri
  20. Siapkan 7 (55 gr) Bawang merah
  21. Ambil 2 cm Jahe
  22. Ambil 5 (20 gr) Bawang putih
  23. Ambil Bahan olesan: campur rata semua bahan
  24. Ambil 1 sm Margarin
  25. Sediakan 1 sm Kecap manis
  26. Siapkan ¼ st Pala bubuk
  27. Ambil ½ st Lada bubuk
  28. Gunakan 1 sm Madu

Therefore you can have it less spicy, depend on how you want it. Ayam yang dibakar bukan ayam putih atau ayam potong. Inilah kekhasan lainnya selain pada cara memasaknya, ayam yang digunakan ialah Ayam Kampung Super Premium Citarasanya jangan ditanya lagi, Ayam Panggang Mbah Dinem tidak dibakar langsung di atas bara api. Tidak juga direbus maupun digoreng sebelum dibakar.

Cara membuat Ayam Panggang Jawa:
  1. Lumuri ayam dng air jrk nipis, diamkan 20 menit kmd bilas. Silangkan lalu ikat kaki ayam. Tumis bumbu hls, sisihkan. Didihkan santan, air kelapa, air, bumbu2 & bumbu halus. Kecilkan api, mskkan ayam, air asam & gula jawa. Tutup panci, masak hingga bumbu meresap & kuah mengental, balik posisi ayam sesekali. Matikan api, biarkan ayam di dalamnya selama ½ jam. Angkat ayam dari kuah. Semir ayam dng bahan olesan.
  2. Metode panggang berdiri: Panaskan oven 200° C, pasang kipas oven. Masukkan kuah bumbu ke tabung alat panggang vertikal. Posisikan ayam berdiri di atas alat panggang (bila tidak ada alat panggang vertical, gunakan kaleng soft drink, isi dng kuah bumbu, mskkan ke lubang perut ayam). Taruh alat panggang di dlm loyang berisi air. Panggang sampai ayam kecoklatan. Metode panggang biasa: Panaskan oven 200° C, nyalakan api atas. Ltkkan ayam di atas rak berkaki yg di ltkkan dlm loyang berisi air. Panggang sampai kecoklatan. Balik ayam, beri olesan, panggang sampai sisi tsb kecoklatan. Keluarkan dari oven & buka ikatan pada kaki ayam.
  3. Sajikan dengan Sambal Sereh, lalapan dan nasi hangat atau Nasi Uduk.

Ayam Panggang Mbah Dinem menyuguhkan kelezatan dengan rasanya yang khas. Rasa bumbunya yang pedas dan gurih ini terasa begitu MANTAB. Rasa pedasnya yang berlapis dan memiliki kedalaman ini terasa begitu kaya dan menggugah selera. Kehadiran sayur-mayur yang mendampingi menu ini memberi sensasi kesegaran dibalik rasa pedas-gurih ayam ini Ayam Panggang Mbah Dinem. Citarasanya jangan ditanya lagi, Ayam Panggang Mbah Dinem tidak dibakar langsung di atas bara api.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Panggang Jawa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved