Cara Gampang Menyiapkan Ayam Panggang Bacem (tanpa msg), Menggugah Selera

Claudia Klein   11/09/2020 21:09

Ayam Panggang Bacem (tanpa msg)
Ayam Panggang Bacem (tanpa msg)

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam panggang bacem (tanpa msg) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang bacem (tanpa msg) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam panggang bacem (tanpa msg), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam panggang bacem (tanpa msg) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Resep Ayam Panggang Bacem (tanpa msg). Pas lagi buka IG kebetulan lewat nih resepnya mbak Dhilla, langsung ngiler ngelihatnya ๐Ÿ˜ resep aslinya sih dibakar tapi karena kebetulan aku masak nya pakai pan gembira alias happycall jadi dipanggang aja sekalian langsung di pan nya. Bacem atau baceman adalah cara masak dari Yogyakarta.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam panggang bacem (tanpa msg) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Ayam Panggang Bacem (tanpa msg) menggunakan 12 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam Panggang Bacem (tanpa msg):
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung (belah 2 jangan putus, atau selera)
  2. Sediakan secukupnya air kelapa (dari 1 atau 2 butir kelapa)
  3. Siapkan 150 gr gula jawa (rajang halus)
  4. Siapkan 1 sdm asam jawa
  5. Siapkan 5 lembar daun salam
  6. Gunakan 2 jari lengkuas (memarkan)
  7. Sediakan secukupnya garam
  8. Siapkan secukupnya lada bubuk
  9. Sediakan Bumbu Halus :
  10. Siapkan 8 siung bawang merah
  11. Sediakan 5 siung bawang putih
  12. Sediakan 1 sdm ketumbar

Sajikan bersama nasi hangat, lalapan, dan sambal. Jangan kuatir memasak banyak jenis bacem secara bersamaan karena selera di keluarga berbeda-beda. Karena pilihan lebih banyak, malah bisa-bisa satu keluarga bakal. Alhamdulillah AYAM PANGGANG spesial untuk sodara bun, spesial TANPA MSG.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Panggang Bacem (tanpa msg):
  1. Masukkan bumbu halus, gongso/sangrai sebentar saja, tambahkan semua bahan (kecuali ayam) aduk rata sampai gula jawa larut
  2. Kemudian masukkan ayam yangโ€‹ sudah dibersihkan, usahakan air kelapa sampai menutupi 1/2 bagian ayam, ungkep dengan api kecil, koreksi rasa
  3. Ketika air hampir sat/habis, bolak-balik happycall agar tidak gosong, atau kalau yang ingin dibakar tinggal di bakar saja, olesi dengan bumbu ungkepnya
  4. Siap dihidangkan beserta sambal dan lalapan favorit ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜

Lihat juga resep Ayam panggang merah enak lainnya. Apa aja bisa di bacem.dari ayam.tahu.tempe.daging.babat usus.banyak dech. Lihat juga resep Ayam kalasan tahu tempe bacem enak lainnya. Resep Ayam Bumbu Rujak Sehat (tanpa minyak tanpa MSG). Di resep ini saya tanpa ditumis pakai minyak goreng ya Mom's, sebagai gantinya, saya sangrai bumbunya hingga harum.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Panggang Bacem (tanpa msg) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved