Resep Buroncong Pandan (kue Pancong Pandan) Anti Gagal

Gussie Wheeler   31/10/2020 19:19

Buroncong Pandan (kue Pancong Pandan)
Buroncong Pandan (kue Pancong Pandan)

Lagi mencari inspirasi resep buroncong pandan (kue pancong pandan) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal buroncong pandan (kue pancong pandan) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari buroncong pandan (kue pancong pandan), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan buroncong pandan (kue pancong pandan) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Buroncong Pandan (kue Pancong Pandan) enak lainnya. Kue khas bugis ini selalu membuat kangen. Rasanya yang gurih membuat semua tak ingin berhenti menikmati.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat buroncong pandan (kue pancong pandan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Buroncong Pandan (kue Pancong Pandan) memakai 9 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Buroncong Pandan (kue Pancong Pandan):
  1. Sediakan 250 gram terigu
  2. Sediakan 60 gram gula pasir
  3. Gunakan 1 butir telur
  4. Sediakan 500 ml air
  5. Ambil 100 ml jus pandan (15 lembar daun pandan + air)
  6. Ambil 1/2 butir kelapa parut ukuran sedang
  7. Siapkan 3 tetes pasta pandan
  8. Ambil 1/2 sdt garam
  9. Gunakan 1/2 sdt vanili bubuk

Resep ini cocok banget deh buat jualan bukan cuma ekonomis tapi rasanya memang enak dan gurih bakalan banyak pembelinya. Klikhijau.com - Manfaat Daun pandan wangi atau biasa juga disebut pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) memang tidak bisa disepelekan. Selain itu, warnanya yang hijau daun murni juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami masakan khususnya kue. Membuat kue lumpang sebenarnya cukup mudah dan praktis, hanya saja Anda harus bisa membuat adonan yang lebih sempurna agar tekstur kue ini nantinya dapat lembut dan kenyal.

Langkah-langkah membuat Buroncong Pandan (kue Pancong Pandan):
  1. Campur semua bahan dalam satu wadah dan aduk hingga adonan tercampur rata
  2. Panaskan cetakan. Oleskan sedikit minyak kelapa atau margarin pada cetakan.
  3. Tuang adonan ke dalam cetakan. Tutup dan biarkan sampai matang. Gunakan api kecil cendeeung sedang agar kue tidak cepat gosong
  4. Sajikan dan selamat menikmati

Para wisatawan selalu menjadikan kue baje ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang kerumah. Seperti namanya kue ini diolah dengan cara dipanggang, cara mengolah ini bisa membuat kue bertahan lebih lama. Kini variasi dari bolu panggang semakin banyak, ada bolu panggang cokelat kering, bolu panggang mini, bolu panggang pisang, bolu panggang tape, dan masih banyak lainnya. Layaknya buroncong, kue lezat ini pun juga dituang dalam cetakan yang sebelumnya dipanaskan dengan menggunakan bara. Biasanya kue ini menjadi menu saat berbuka puasa dan disajikan beralas daun pandan persegi panjang.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan buroncong pandan (kue pancong pandan) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved