Cara Gampang Menyiapkan Tumis genjer bumbu urap, Menggugah Selera

Caleb Warren   25/09/2020 14:48

Tumis genjer bumbu urap
Tumis genjer bumbu urap

Sedang mencari ide resep tumis genjer bumbu urap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tumis genjer bumbu urap yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Genjer punya rasa dan tekstur mirip kangkung namun sedikit lebih 'licin' atau slimy. Bagian yang biasa dikonsumsi dari tumbuhan ini yaitu daun dan bunganya. Bunga yang dimaksud yaitu kuntum bunga berbentuk kuncup yang masih muda, belum mekar, dan empuk jika ditekan dengan kedua jari.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tumis genjer bumbu urap, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan tumis genjer bumbu urap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat tumis genjer bumbu urap yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Tumis genjer bumbu urap memakai 8 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Tumis genjer bumbu urap:
  1. Gunakan 1 iket sayur genjer
  2. Sediakan kelapa parut 2000rb
  3. Sediakan 1/4 ruas kencur
  4. Sediakan 7 biji cabe rawit
  5. Siapkan 1 biji cabe merah
  6. Siapkan 1 st terasi
  7. Sediakan 2 lmbr daun jeruk
  8. Sediakan secukupnya garam gula

Resep Tumis Genjer, resep tumisan yang gurih lezat yang masaknya praktis banget! Genjer adalah jenis sayuran yang sering diolah menjadi beragam masakan dan mengolahnya pun tidak bisa sembarangan. Jika Bunda salah olah, rasa genjer akan pahit. Haluskan bumbu seperti bawang putih, kecur, cabai merah, cabai rawit, daun jeruk gula dan garam.

Langkah-langkah menyiapkan Tumis genjer bumbu urap:
  1. Bersihkan genjer,potong2 sisihkan,
  2. Rebus air hingga mendidih,masukkan genjer cuma layu aza,angkat masukan ke air dingin,tiriskan
  3. Haluskan bumbu,tambahkan parutan kelapa,aduk
  4. Tumis bumbu berserta kelapa,(tnp minyak)tamabhkan garam,gula,aduk,masukkan genjer aduk rata,tes rasa,angkat
  5. Siap di sajikan dg lauk ikan asin

Jika bumbu telah halus, campurkan dengan kelapa yang telah di parut. Jika ingin tahan lama, sangrai bumbu di wajan dengan api sedang. Angkat dan campurkan bumbu urap dengan beberapa sayuran. Rasa genjer menurut saya hampir mirip seperti kangkung, dan ketika dimasak maka volumenya akan berkurang banyak karena batangnya yang berongga akan mengempis. Sayuran ini mudah sekali layu dan lunak, karena itu masak hanya dalam waktu yang sebentar saja.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Tumis genjer bumbu urap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved