Resep Urap Sayuran Bumbu Tumis yang Sempurna

Jonathan Burns   16/10/2020 08:20

Urap Sayuran Bumbu Tumis
Urap Sayuran Bumbu Tumis

Lagi mencari ide resep urap sayuran bumbu tumis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal urap sayuran bumbu tumis yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Apalagi dengan bumbu yang ditumis terlebih dahulu bikin bumbu ga cepat asam karena pake parutan kelapa, selain itu. Resep Urap Sayur (versi tumis) lebih gurih dan tahan basi. Today suami request si urap, karena sekeluarga penggemar sayur mayur.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari urap sayuran bumbu tumis, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan urap sayuran bumbu tumis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah urap sayuran bumbu tumis yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Urap Sayuran Bumbu Tumis memakai 14 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Urap Sayuran Bumbu Tumis:
  1. Gunakan Bahan :
  2. Gunakan 1 ikat kecil bayam
  3. Gunakan 7 buah kacang panjang
  4. Ambil 1 buah wortel potong korek api
  5. Siapkan 100 gr tauge
  6. Siapkan Bahan bumbu urap :
  7. Siapkan 300 gr kelapa parut
  8. Gunakan 7 buah cabe keriting
  9. Gunakan 3 siung bawang putih
  10. Ambil 3 cm kencur
  11. Gunakan 1/4 sdt terasi bakar
  12. Gunakan 4 lembar daun jeruk buang tulangnya
  13. Ambil 1 keping gula aren disisir
  14. Sediakan 1 sdt garam

Selain ditumis, bumbu urap juga bisa ditumis dan juga disangrai. Campur bumbu urap dan sayuran sesaat sebelum dihidangkan, supaya sayuran dan bumbunya tetap segar dan gak cepat basi. Itulah resep bumbu urap sederhana dan tips memasaknya supaya lebih nikmat. Bisa jadi menu sarapan yang mantap banget, nih!

Cara menyiapkan Urap Sayuran Bumbu Tumis:
  1. Rebus masing masing sayuran
  2. Kukus kelapa parut
  3. Haluskan bumbu lalu tumis, masukan gula merah, garam dan beri sedikit air
  4. Masukkan kelapa dan tumis dengan bumbu sampai agak sedikit hilang airnya. Tes rasa
  5. Matikan api. Masukan semua sayuran. Aduk rata. Dan sajikan.

Setelah sayuran telah masak, selanjutnya adalah membuat tumis bumbu urap. Siapkan wajan yang telah dilumuri minyak sayur. Tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi. Hidangan ini terbuat dari rebusan berbagai macam sayur, yang dicampur dengan bumbu kelapa parut. Ciri khas urap yaitu menggunakan kencur dalam campuran bumbunya, sehingga menimbulkan aroma dan rasa kencur yang kuat.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan urap sayuran bumbu tumis yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved