Langkah Mudah untuk Membuat Urap sayuran (tumis) Anti Gagal

Francisco Barnett   20/11/2020 12:11

Urap sayuran (tumis)
Urap sayuran (tumis)

Anda sedang mencari inspirasi resep urap sayuran (tumis) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal urap sayuran (tumis) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari urap sayuran (tumis), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan urap sayuran (tumis) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Aneka resep sayur sayuran menyajikan berbagai macam jenis masakan dengan bahan dasar sayur yang dapat diperoleh dari pasar terekat rumah Anda. Olahan sayuran ini bisa di buat masakan sayur berkuah seperti sayur asem, capcay, bayam, tumis - tumisan kangkung, dll, ada juga yang khas di buat aneka resep lodeh dan aneka botok yang siap sebagai pendamping makan sayuran. Urap Sayur (Versi Tumis) By: Ribka Arini.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat urap sayuran (tumis) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Urap sayuran (tumis) menggunakan 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Urap sayuran (tumis):
  1. Sediakan Sayuran (genjer, wortel, bayem), rebus
  2. Ambil 1 butir kelapa, parut
  3. Sediakan Secukupnya garam, gula dan penyedap
  4. Ambil 4 lembar salam
  5. Gunakan 1 tangkai sereh, geprek
  6. Siapkan Minyak untuk menumis
  7. Sediakan Bumbu halus:
  8. Ambil 2 buah bawang merah
  9. Ambil 1 buah bawang putih
  10. Gunakan 3 buah cabe merah
  11. Ambil 15 buah cabe rawit
  12. Sediakan 2 ruas jahe
  13. Siapkan 2 ruas kunyit

Siapkan wajan yang telah dilumuri minyak sayur. Tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi. Resep Urap Sayur (versi tumis) lebih gurih dan tahan basi. Today suami request si urap, karena sekeluarga penggemar sayur mayur.

Langkah-langkah menyiapkan Urap sayuran (tumis):
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus salam dan sereh sampai harum. Tambahkan kelapa parut aduk2 hingga kering.
  2. Masukan semua sayuran aduk2. Sajikan
  3. Atau bisa juga menata sayuran diatas piring lalu taburi kelapa diatasnya.

Dulu pernah buat urap versi kukus, alhasil gak awet si kelapa nya gampang banget basi. Jadi kali ini ditumis aja biar lebih tahan. Hidangan ini terbuat dari rebusan berbagai macam sayur, yang dicampur dengan bumbu kelapa parut. Ciri khas urap yaitu menggunakan kencur dalam campuran bumbunya, sehingga menimbulkan aroma dan rasa kencur yang kuat. Sayuran yang biasa digunakan seperti kacang panjang, kecipir, tauge, daun singkong, kol, dan masih banyak lagi.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan urap sayuran (tumis) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved