Bagaimana Membuat Urap sayur (bumbu di tumis) Anti Gagal

Hilda Vargas   06/12/2020 07:56

Urap sayur (bumbu di tumis)
Urap sayur (bumbu di tumis)

Lagi mencari ide resep urap sayur (bumbu di tumis) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal urap sayur (bumbu di tumis) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari urap sayur (bumbu di tumis), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan urap sayur (bumbu di tumis) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Urap sayur bumbu tumis enak lainnya. Resep Urap Sayur Daun Singkong Bumbu Tumis. Urap basah dan urap kering merupakan dua cara umum yang biasa dijumpai dalam penyajiannya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan urap sayur (bumbu di tumis) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Urap sayur (bumbu di tumis) memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Urap sayur (bumbu di tumis):
  1. Gunakan Sayur - sayuran pada dasarnya bebas ya☺
  2. Gunakan 1 genggam Kecambah
  3. Gunakan 1 ikat Bayam
  4. Sediakan 1 ikat Kacang panjang
  5. Sediakan 3 bh wortel ukuran sedang
  6. Siapkan Bumbu kelapa (semua dihaluskan kecuali kelapa parut)
  7. Gunakan 1/2 butir kelapa diparut
  8. Siapkan 5 siung Bawang merah (siungnya besar)
  9. Siapkan 3 siung Bawang putih
  10. Siapkan secukupnya Kencur
  11. Ambil Cabai merah (sesuai selera)
  12. Gunakan Cabai keriting (sesuai selera)
  13. Siapkan Asam jawa di encer dg 1sdm air
  14. Gunakan 3 lembar Daun jeruk
  15. Ambil secukupnya Garam
  16. Ambil secukupnya Gula pasir/gula merah

Bikin urap sayur'y pake resep dari Mama. Beliau klo masak urap sayur tuh, bumbu yg dihaluskan'y sllu ditumis terlebih dahulu. Tujuan'y supaya bumbu'y menjadi lbh harum. #Bandu. Resep Urap Sayur (versi tumis) lebih gurih dan tahan basi.

Langkah-langkah menyiapkan Urap sayur (bumbu di tumis):
  1. Potong sayuran sesuai selera, cuci bersih sisihkan
  2. Rebus air hingga mendidih. Masukkan sayuran, masak hingga matang, tiriskan.
  3. Bumbu kelapa : tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, masukkan daun jeruk tumis hingga harum, masukkan air asam jawa aduk2 sebentar kemudian masukan parutan kelapa aduk rata, koreksi rasa, masak hingga set. Angkat sisihkan.
  4. Cara penyajian: tata sayuran dlm piring saji, beri bumbu kelapa secukupnya aduk hingga tercampur rata, sajikan.

Today suami request si urap, karena sekeluarga penggemar sayur mayur. Dulu pernah buat urap versi kukus, alhasil gak awet si kelapa nya gampang banget basi. Resep urap sayuran pedas enak cita rasanya dan praktis cara bikinnya. Dilengkapi dengan cara membuat bumbu urap sayuran komplit. Ada rahasia tersendiri untuk bisa bikin bumbu urap yang enak.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Urap sayur (bumbu di tumis) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved