Resep Urap Sayur (Kluban) Versi Tumis yang Bikin Ngiler

Dustin Dixon   09/12/2020 02:06

Urap Sayur (Kluban) Versi Tumis
Urap Sayur (Kluban) Versi Tumis

Lagi mencari inspirasi resep urap sayur (kluban) versi tumis yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal urap sayur (kluban) versi tumis yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Perdana bikin Urap Sayur (Kluban) Versi Tumis ala Bakoel Omi. Terima kasih kang Ifan (tk.sayur andalanku) untuk bonus kelapa parutnya. Murah rejeki dan sehat selalu ya kang๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari urap sayur (kluban) versi tumis, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan urap sayur (kluban) versi tumis enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan urap sayur (kluban) versi tumis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Urap Sayur (Kluban) Versi Tumis memakai 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Urap Sayur (Kluban) Versi Tumis:
  1. Siapkan 1/2 buah kelapa, kupas, parut. Saya pake 2 bks kelapa parut
  2. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  3. Siapkan 1/2 sdm asam jawa, beri sedikit air panas
  4. Ambil Sayuran ; secukupnya (wortel, kacang panjang, toge & kangkung)
  5. Gunakan secukupnya Garam + Gula Merah + Royco ;
  6. Gunakan Bumbu Halus :
  7. Siapkan 6 siung bawang merah
  8. Ambil 3 siung bawang putih
  9. Sediakan 1 ruas kencur
  10. Gunakan 3 butir kemiri, sangrai
  11. Sediakan 1/2 sdt terasi, bakar
  12. Sediakan 5 buah cabe merah keriting
  13. Siapkan 3 buah cabe rawit merah

Terima kasih kang Ifan (tk.sayur andalanku) untuk bonus kelapa parutnya. Murah rejeki dan sehat selalu ya kang๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜. Source ๐Ÿ‘‰ Irani Nara Urap Sayur (Versi Tumis) By: Ribka Arini. Suka dengan olahan sayuran tapi bosan dimasak bening dan tumis?

Cara membuat Urap Sayur (Kluban) Versi Tumis:
  1. Rebus sayuran sebentar saja, tiriskan. Rendam dengan air dingin dan tiriskan kembali, agar tetap segar dan proses pematangan tidak berlanjut.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga ยฝ matang dan harum. Lalu masukkan air asam jawa + daun jeruk + gula merah + royco. Tunggu hingga gula merah larut.
  3. Setelah Gula merah nya larut, masukkan kelapa parut dan aduk rata. Masak diatas api kecil dan terus diaduk hingga kadar airnya berkurang. Koreksi rasa. Angkat.
  4. Cara Penyajian : campurkan rebusan sayuran dengan kelapa bumbu. Pada saat mencampurkan gunakan sarung tangan plastik pada kedua tangan agar kebersihan tetap terjaga๐Ÿ‘. Sajikan bersama dengan tempe goreng + telur rebus + ikan asin kerupuk. Selamat mencoba moms ๐Ÿ™.

Dibikin Urap Sayur Versi Tumis anti-basi bisa jadi alternatif pilihan menu yang tak kalah sedap, lho Bun!. Kalau dulu Bunda pernah bikin urap versi kukus, dan hasil sambal kelapa parutnya mudah basi, kali ini coba deh Bunda tumis sambal kelapa parutnya. Urap sayur merupakan jenis santapan sehat yang digemari hampir semua orang. Sayangnya, bumbu utama berupa kelapa parut justru membuat makanan tradisional ini mudah sekali basi. Jadi, mau tak mau Bunda pun harus menghabiskannya saat itu juga.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan urap sayur (kluban) versi tumis yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved