Langkah Mudah untuk Menyiapkan AYAM (panggang) KLATEN masak JAKARTA, Bikin Ngiler

Winifred Brock   27/06/2020 00:14

AYAM (panggang) KLATEN masak JAKARTA
AYAM (panggang) KLATEN masak JAKARTA

Sedang mencari inspirasi resep ayam (panggang) klaten masak jakarta yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam (panggang) klaten masak jakarta yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam (panggang) klaten masak jakarta, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam (panggang) klaten masak jakarta enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Salah satunya adalah melihat aneka makanan yang dijajakan di tenongan (tempat bulat dari seng yang bertumpuk ada tutupnya). Lauk yang selalu dirindukan adalah ayam panggang. Resep AYAM (panggang) KLATEN masak JAKARTA. #WeekendChallenge#DekatdiHati#Cookpadcommunity_Jakarta# Semasa kecil di Jogya senang sekali diajak belanja ibu kepasar.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam (panggang) klaten masak jakarta sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat AYAM (panggang) KLATEN masak JAKARTA menggunakan 13 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan AYAM (panggang) KLATEN masak JAKARTA:
  1. Sediakan 1 ekor ayam kampung, belah 2 saya tdk pakai ceker dan lehernya
  2. Sediakan 2 sdt bawang putih yg sdh dihaluskan
  3. Sediakan 1 sdm air asam jawa
  4. Sediakan 5 siung bawang putih
  5. Siapkan 10 siung bawang merah
  6. Siapkan 2 sdm ketumbar
  7. Gunakan Secukupnya merica
  8. Ambil 6 butir kemiri
  9. Sediakan 1 ruas jahe dan kencur dan kunyit kalo suka
  10. Siapkan 3 sdm gula jawa yg sdh diiris tipis
  11. Sediakan Secukupnya daun salam, daun jeruk, laos
  12. Ambil 500 cc santan dari 1 kelapa
  13. Gunakan Garam dan penyedap rasa bila diperlukan

Seperti namanya, ayam panggang ini berasal dari Klaten (Jawa Tengah). Yang khas dari Ayam Panggang Klaten adalah aroma panggang yang gurih karena sarat bumbu dan menggunakan santan kental. Lihat juga resep Ayam Panggang Klaten Kreasi Nonny♡ enak lainnya. Masukkan ayam, aduk-aduk dan masak sampai ayam berubah warna.

Cara menyiapkan AYAM (panggang) KLATEN masak JAKARTA:
  1. Siapkan semua bahan. Bumbu” lain dihaluskan (ketumbar, merica, kemiri, semua bawang dan kunyit) jahe, kencur digeprek.
  2. Lumuri ayam dengan bawang putih yg dihaluskan, beri air asem dan garam. Biarkan selama 1 jam agar meresap
  3. Tumis bumbu halus, masukkan ayam yg sdh dibumbui tadi aduk dan masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk. Maaf proses menumis kelupaan difoto ☹️
  4. Tuangi dengan sebagian santan kmd diaduk terus jgn sampai santan pecah. Bumbuin dengan garam, gula jawa serta penyedap. Test rasa.
  5. Aduk” dan sedikit demi sedikit tambahkan santan sampai habis. Masak dengan api sedang sampai kuah menyusut.
  6. Setelah ayam matang dan kuah mengental, ayam siap utk dipanggang. Saya pakai air fryer suhu 180* selama 20 mnt. Lumuri dgn bumbu setelah 10 mnt balik, lumuri bumbu dan panggang kembali 10 mnt. Selesai… sajikan 😍

Masukkan santan dan irisan gula merah, masak di atas api besar sampai mendidih dan ayam hampir matang. Kecilkan api dan masak terus di atas api sedang hingga ayam lunak dan kuah mengental. Cicipi kuah, jika perlu tambahkan garam sesuai selera. Cara membuat ayam panggang Assalamualaikum wr.wb Ini video tutorial manggang Ayam Kampung yang kedua, semoga bermanfaat. UNTUK MAKAN DI TEMPAT KAMI SILAKAN R.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan AYAM (panggang) KLATEN masak JAKARTA yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved