Resep Ayam Panggang Khas Padang yang Sempurna

Randy Clark   09/09/2020 14:37

Ayam Panggang Khas Padang
Ayam Panggang Khas Padang

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam panggang khas padang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam panggang khas padang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam panggang khas padang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam panggang khas padang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Kuliti ayam, kemudian lumuri ayam tanpa kulit ini dengan air jeruk nipis dan garam, ratakan. Didihkan air, masukkan ayam, bawang merah, bawang putih halus, garam, dan daun salam. Rebus ayam hingga matang dan cukup lunak.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam panggang khas padang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Panggang Khas Padang menggunakan 17 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Panggang Khas Padang:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung ukuran kecil (cuci bersih, lumuri dengan perasan jeruk nipis)
  2. Siapkan 4 lembar daun salam
  3. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  4. Ambil 1/2 sdt jinten
  5. Sediakan 1 batang serai besar
  6. Gunakan 750 ml santan kental
  7. Siapkan 1 sdt kaldu jamur
  8. Siapkan 1/2 sdt garam
  9. Ambil Bahan Halus
  10. Siapkan 10 siung bawang merah
  11. Sediakan 7 siung bawang putih
  12. Ambil 3 butir kemiri
  13. Ambil 1 ruas jahe
  14. Ambil 1/2 ruas kunyit
  15. Sediakan 1 ruas lengkuas
  16. Siapkan 10 buah cabe rawit
  17. Siapkan 7 buah cabe merah keriting

Resep Singgang Ayam khas Padang Pariaman. Resep Ayam Bakar Padang Asli Maknyus - Menikmati masakan ayam bersama dengan teman atau keluarga memang menjadi sensasi tersendiri. Salah satunya adalah menu yang asli berasal dari Sumatera Barat, tepatnya dari Kota padang ini. Ayam bakar khas padang ini memang mengutamakan ayam sebagai bahan utamanya dan tentu saja cabai untuk membuat rasanya menjadi pedas sesuai ciri khas masakan Padang.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Panggang Khas Padang:
  1. Panaskan santan dan bumbu halus langsung dalam satu kuali / wajan besar.
  2. Biarkan hingga mendidih lalu masukkan ayam. Tambahakan bahan rempah lain dan seasoning. Koreksi rasa.
  3. Biarkan hingga santan menyusut dan ayam merasuk sempurna. Lalu tiriskan.
  4. Siapkan panggangan, lalu panggang ayam dengan dilumuri sesekali bumbu santan sisa ukep tadi. Panggang hingga agak kering agar bumbu menjadi garing.
  5. Sajikan..

Gulai ayam khas padang ini sebenarnya gampang bikinnya. Kaya rempah dan yang bikin rasanya beda adalah penambahan daun kunyit didalamnya. Anda pasti suka: Resep Setup Pisang Segar Dan Manis. Demikian resep singgang ayam khas Padang yang enak ini. Silahkan anda coba resep ini di rumah dan sajikan sebagai menu makan malam anda bersama keluarga di rumah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Panggang Khas Padang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved