Cara Gampang Membuat Pindang tetel khas pekalongan yang Enak

Bettie Horton   11/09/2020 23:00

Pindang tetel khas pekalongan
Pindang tetel khas pekalongan

Lagi mencari inspirasi resep pindang tetel khas pekalongan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang tetel khas pekalongan yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang tetel khas pekalongan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pindang tetel khas pekalongan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bagi anda penggemar kuliner yang ingin merasakan Pindang Tetel khas Pekalongan, Anda bisa menemukannya di area foodcourt taman Bebekan - Kedungwuni Kab. Pekalongan, kemudian di desa Ambokembang - Pekajangan, dan di wilayah kota Pekalongan sendiri anda bisa menemukannya di Depan masjid Baitul Mu'minin Kuripan Lor. Pindang Tetel semakin populer menjadi Kuliner Khas Pekalongan yang wajib anda coba.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pindang tetel khas pekalongan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pindang tetel khas pekalongan memakai 13 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Pindang tetel khas pekalongan:
  1. Ambil 1/2 kg daging sapi
  2. Ambil 6 siung bawang merah
  3. Sediakan 2 siung bawang putih
  4. Gunakan 2 buah cabe merah
  5. Ambil 7 buah cabe rawit (utuh)
  6. Ambil 3 buah kluwek
  7. Ambil 3 lembar daun salam
  8. Gunakan 1 ruas laos (geprek)
  9. Gunakan 1 ruas jahe (geprek)
  10. Gunakan 2 tangkai serai (geprek)
  11. Ambil Selera daun bawang (potong)
  12. Sediakan Secukupnya garam, merica, ketumbar, minyak goreng dan air
  13. Ambil Selera kerupuk

Tetapi beda, kalau rawon lebih pekat dan kental sedangkan pindang tetel lebih encer. "Resep pindang tetel khas pekalongan" Berikut bahan yang digunakan membuat pindang tetel pekalongan. Bahan : Tetelan sapi Saya tambahkan jerohan. Jahe Lengkuas Serai Daun salam Garam Penyedap Gula. Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan.

Langkah-langkah membuat Pindang tetel khas pekalongan:
  1. Potong potong daging lalu rebus dan setelah setengah matang angkat tiriskan.
  2. Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, merica, kluwek, jahe dan garam). Kemudian ditumis hingga harum bersama dengan laos, serai, daun bawang dan daun salam. Lalu angkat tiriskan.
  3. Rebus lagi air dan masukkan bumbu yang telah ditumis beserta daging dan cabe rawit. Aduk, tunggu hingga mendidih dan daging matang. Cicipi, lalu sajikan bersama kerupuk…..

Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya. Salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali. Orang mungkin lebih banyak mengenal Taoto daripada Pindang Tetel sebagai makanan khas Pekalongan. Tidak banyak orang mengenal Pindang Tetel karena memang 'hanya' ada di Pekalongan, lebih khusus lagi di daerah Kecamatan Kedungwuni dan sekitarnya. Nih ada menu makanan khas pekalongan selain nasi megono dan tauto yaitu pindang tetel.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pindang tetel khas pekalongan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved