Resep Cilok ikan tongkol sambal kacang Anti Gagal

Derek Berry   11/11/2020 16:37

Cilok ikan tongkol sambal kacang
Cilok ikan tongkol sambal kacang

Anda sedang mencari ide resep cilok ikan tongkol sambal kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok ikan tongkol sambal kacang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok ikan tongkol sambal kacang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cilok ikan tongkol sambal kacang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Cilok Bumbu Kacang enak lainnya. Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cilok ikan tongkol sambal kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cilok ikan tongkol sambal kacang menggunakan 14 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cilok ikan tongkol sambal kacang:
  1. Siapkan 150 gr daging ikan tongkol giling
  2. Sediakan 450 gr tepung tapioka
  3. Ambil 150 gr tepung terigu serbaguna
  4. Gunakan 150 ml air hangat
  5. Gunakan 3 buah bawang putih,haluskan
  6. Siapkan Daun sledri secukupnya,iris tipis
  7. Sediakan secukupnya Garam
  8. Sediakan secukupnya Kaldu jamur bubuk
  9. Gunakan Bahan toping
  10. Sediakan Bumbu kacang yg siap digunakan
  11. Sediakan Cabai halus
  12. Ambil Kecap manis
  13. Gunakan Saos sambal
  14. Sediakan Bawang goreng taburan

Merupakan jenis cilok asli khas bandung yang terkenal. Bisa dibilang ini adalah resep dasar dari beragam variasi resep cilok yang ada saat ini. Bahan Membuat Cilok Aci Bumbu Kacang A. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara membuat cilok isi yang enak.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok ikan tongkol sambal kacang:
  1. Campurkan tepung terigu dengan ikan tongkol, tambahkan garam dan bawang putih halus aduk, kemudian tambahkan tepung tapioka bergantian dengan air hangat, aduk sampe kalis,.
  2. Didihkan air dalam panci
  3. Bulatkan adonan,dan jangan terlalu besar, rebus dalam air yg telah mendidih
  4. Lakukan sampai adonan habis
  5. Tunggu adonan sampai mengapung ke atas, kemudian angkat dan tiriskan
  6. Setelah agak dingin, cilok dapat di sajikan, dengan bumbukacang, kecap, sambal, dan saos, jagan lupa untung memper cantik dapat di taburi bawang goreng
  7. Catatan: agar cilok dapat matang sempurna dan tahan lama, sebaiknya di kukus sebentar,… Untuk penggunaan air sebaiknya sedikit sedikit agar adonan tidat terlalu lembek, agar adonan kalis

Di artikel kali ini, mari kita cara membuat cilok yang biasanya dijual oleh pedagang keliling atau bisa saja dipanggil cilok Bandung. Bikin Cilok ini mudah saja sich, bahan juga murah meriah. jadi daripada jajan di luar bikin sendiri yuk teman-teman tentu lebih enak dan sehat untuk anak-anak ya. Biar lebih gurih aku tambah ebi seperti resep Cilok yang versi lama udah ku posting, namun kali ini aku tambah isi Bakso yang aku iris-iris kecil. rasanya tambah enak dong. Cara membuat cilok bumbu kacang. inilah resep cara bikin cilok bumbu kacang asli bandung enak sederhana. Berikut rahasia resep cilok khas pedagang kaki lima lengkap tahap demi tahap pembuatan jajanan cilok untuk menu jualan jajanan anak anak murah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cilok ikan tongkol sambal kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved