Resep Ayam panggang klaten Anti Gagal

Seth Clarke   18/11/2020 23:14

Ayam panggang klaten
Ayam panggang klaten

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam panggang klaten yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam panggang klaten yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Nyobain ayam panggang klaten nih buk ibuk. Jd ini ayam dimasak dgn santan kental dgn api kecil smpe santan jd arehh kebayang kan gurihnyaa. Agak lama ya masaknya minimal sejam di atas kompor.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam panggang klaten, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam panggang klaten enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam panggang klaten yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam panggang klaten menggunakan 18 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam panggang klaten:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung/pejantan,potong 4 bagian
  2. Sediakan 750 ml santan dari 1 btr kelapa
  3. Ambil 2 btg serai,geprek
  4. Siapkan 2 lbr daun salam
  5. Sediakan 3 lbr daun jeruk purut
  6. Ambil 2 sdm gula merah
  7. Gunakan 1 sdm air asam jawa kental
  8. Gunakan Secukupnya garam
  9. Gunakan Bumbu dihaluskan :
  10. Gunakan 10 btr bawang merah
  11. Gunakan 3 siung bawang putih
  12. Sediakan 5 btr kemiri sangrai/goreng
  13. Sediakan 2 sdt ketumbar sangrai
  14. Ambil 2 sdt merica bulat sangrai
  15. Ambil 1 sdt kencur cincang
  16. Gunakan 1 sdt jahe cincang
  17. Siapkan 1 ruas laos muda cincang
  18. Ambil Secukupnya minyak sayur,utk menumis

Bicara tentang kuliner Klaten pasti yang pertama terpikirkan yaitu Ayam Panggang Klaten. Memang kuliner ini sudah sangat terkenal akan kelezatannya, Ayam Panggang Khas Klaten ini bisa menjadi sajian kuliner yang patut Anda coba jika sedang mampir ke Klaten. Rasanya enak sekali, gurih dan sedikit manis.beda sama ayam panggang biasa, cobain dech.gak rugi pokoknya. Nutrisi yang terkandung pada masakan ini juga cukup tinggi.

Cara menyiapkan Ayam panggang klaten:
  1. Panaskan minyak sayur,tumis bumbu halus,serai,daun jeruk dan daun salam sampe matang dan harum
  2. Masukan ayam,tunggu sampe ayam kaku,tuang santan,garam,gula merah dan air asam jawa,aduk rata.kecilkan api.
  3. Masak sampe ayam lunak dan kuah mengental.angkat
  4. Panggang ayam di atas bara api/api bagian atas oven sampe matang sambil mengoleskan sisa bumbu ke seluruh permukaan ayam.
  5. Sajikan bersama lalapan sayur segar dan sambal bajak/ sambal bawang

Resep asli Ayam Panggang Klaten, Cara membuat Ayam Panggang Klaten, Resep masakan jawa tengah, Resep asli nusantara, resep masakan jawa, resep Ayam Bumbu Rujak, resep tradisional dari jawa Ayam Panggang Klaten, step by step memasak Ayam Panggang Klaten, resep Ayam Panggang Klaten dengan gambar, resep enak Ayam Panggang Klaten Ayam Panggang Ny. Hai Bunda,Di Video kali ini Dapur Vicenza akan memasak Ayam pangang Khas dari Klaten ( Jawa Tengah ) Seperti namanya ayam panggang Klaten adalah ayam panggang yang gurih karena penggunaan rempah. Resep Ayam Panggang Klaten enak pol. Kuliner khas kota ini memang tidak banyak namun judul masakan diatas sepertinya memang ada dan cukup terkenal juga di daerah jawa. Mau merasakan makanan ini?, harus dicoba memang banyak sudah yang menawarkan ayam panggang dengan ciri khas masing-masing dari setiap daerah dan memang unik-unik, kita sebagai bangsa indonesia cukup bangga dengan keaneka ragaman.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam panggang klaten yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved