Resep Pindang Tetel khas Kota Pekalongan, Enak

Louis Greer   12/10/2020 18:09

Pindang Tetel khas Kota Pekalongan
Pindang Tetel khas Kota Pekalongan

Sedang mencari inspirasi resep pindang tetel khas kota pekalongan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang tetel khas kota pekalongan yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang tetel khas kota pekalongan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan pindang tetel khas kota pekalongan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya. Salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pindang tetel khas kota pekalongan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pindang Tetel khas Kota Pekalongan memakai 15 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pindang Tetel khas Kota Pekalongan:
  1. Gunakan 1/4 daging (boleh ditambah jeroan bila suka)
  2. Ambil 13 buah cabe rawit (pedas sesuai selera
  3. Gunakan 1 buah daun bawang (potong-potong)
  4. Sediakan 3 buah kluwek
  5. Siapkan kecap manis (sedikit saja)
  6. Siapkan Bumbu di haluskan:
  7. Ambil 4 buah cabai merah
  8. Gunakan 7 buah bawang merah
  9. Sediakan 5 buah bawang putih
  10. Siapkan 3 butir kemiri
  11. Gunakan 1 ruas jahe
  12. Siapkan 2 ruas laos
  13. Siapkan 2 lbr daun salam
  14. Siapkan sesuai selera merica
  15. Siapkan secukupnya garam

Pindang tetel adalah makanan khas pekalongan yang paling favorite. Makanan ini merupakan cemilan khas pekalongan yag cukup banyak diminati para wisatawan. Hidangan lontong ini paling nikmat digunakan untuk sarapan bareng keluarga maupun teman sekantor. Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Lezat.

Langkah-langkah membuat Pindang Tetel khas Kota Pekalongan:
  1. Potong-potong daging dan rebus sampai empuk.
  2. Haluskan bumbu. panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum. haluskan dan masukan kluwek ke wajan
  3. Masukan daun bawang dan cabai rawit, masak hingga layu. lalu sisihkan
  4. Tuangkan bumbu yang sudah di goreng kedalam panci berisi daging, tambahkan kecap
  5. Cek rasa, bila kurang asin tambahkan garam. sajikan di mangkok dan taburi bawang goreng
  6. Jangan lupa, kasih “Kerupuk Usek”. karena pindang tetel khas pekalongan wajib banget ditambahi kerupuk usek sewaktu di sajikan. selamat mencoba 😁

Dilihat dari penampilan, pindang tetel ini terlihat kurang menarik. Warna coklat kehitaman yang mendominasi sepintas hampir sama dengan rawon. Tetapi beda, kalau rawon lebih pekat dan kental sedangkan pindang tetel lebih encer. Resep Pindang Tetel khas Kota Pekalongan. wajib makan ini pas istirahat dikantin sekolah sejak SMP 🤤 Tidak banyak orang mengenal Pindang Tetel karena memang 'hanya' ada di Pekalongan, lebih khusus lagi di daerah Kecamatan Kedungwuni dan sekitarnya. Beberapa kali saya googling namun tidak menemukan warung yang menjual Pindang Tetel di Jakarta atau kota besar lainnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pindang tetel khas kota pekalongan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved