Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam panggang madu, Enak Banget

Charlotte Carpenter   21/10/2020 21:04

Ayam panggang madu
Ayam panggang madu

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam panggang madu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam panggang madu yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bukan sahaja mudah dan senang disediakan malahan bahan-bahannya pun mudah didapati di pasar raya. Lihat juga resep Ayam Panggang Saus Miso Madu 鶏肉のはちみつ味噌ソース (Grilled Chicken with Honey Miso Sauce) enak lainnya. Ayam bakar madu adalah masakan yang biasa sekali oleh orang-orang Melayu dan Asia ayam panggang madu, selain mempunyai rasa yang lazat, juga sangat lazat citarasa yang anda boleh mendapatkan panggang ayam madu di beberapa restoran walaupun di kawasan pinggir bandar yang makan.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam panggang madu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ayam panggang madu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam panggang madu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam panggang madu menggunakan 24 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam panggang madu:
  1. Gunakan 5 ekor ayam kampung/pejantan
  2. Sediakan #BUMBU HALUS :
  3. Gunakan 1 ons bawang merah
  4. Ambil 1/2 ons bawang putih
  5. Gunakan 1/2 ons kemiri
  6. Ambil 5 sdm ketumbar
  7. Sediakan secukupnya Kunyit
  8. Ambil secukupnya Jahe
  9. Siapkan secukupnya Laos
  10. Sediakan #BUMBU PELENGKAP
  11. Ambil Daun salam
  12. Sediakan Daun jeruk
  13. Siapkan Serai
  14. Ambil secukupnya Asam jawa
  15. Siapkan secukupnya Garam
  16. Sediakan Penyedap rasa (me royco)
  17. Gunakan Gula pasir
  18. Ambil Gula jawa
  19. Ambil Santan kental (me 2bks kara)
  20. Sediakan secukupnya Kecap manis
  21. Ambil #OLESAN :
  22. Siapkan Madu
  23. Siapkan Mentega
  24. Siapkan Kecap manis

Bagian tersebut adalah kotoran atau mungkin sisa bulu halus. Resepi ayam panggang ala-ala sajian di restoran Kenny Rogers yang nampak mahal dan sedap serta sihat, malahan ianya sangat mudah untuk disediakan dan senang dimasak tanpa susah payah. Bagi anda yang menyukai ayam bakar, eloklah mencuba sendiri di rumah dan cara untuk membuatnya sangat mudah selain cepat dan simple saja sajiannya. Dari dulu, ayam panggang identik dengan bumbu kecap manis.

Langkah-langkah membuat Ayam panggang madu:
  1. Cuci bersih ayam, baluri dengan jeruk nipis supaya tidak bau amis
  2. Rebus air kurang lebih 10liter, tunggu sampai mendidih.
  3. Masukkan bumbu halus dan bumbu pelengkap, kemudian masukkan ayam
  4. Tes rasa, tunggu sampai bumbu meresap dan ayam empuk. Kemudian angkat dan tiriskan
  5. Siapkan oven supaya panas terlebih dahuli, Olesi nampan dengan mentega, taruh ayam dalam nampan panggangan. Olesi dengan bumbu olesan. Panggang kurang lebih 15 menit kemudian keluarkan dan olesi dengan bahan olesan lagi, masukan kembali dalam oven. Tunggu hingga ayam menjadi kilap dan kulit agak kering. Keluarkan dari oven. Hidangkan dengan sambal matah atau sambal terasi.. enakkkkk

Tapi kini, sudah banyak kreasi bumbu lainnya yang tidak kalah enak untuk diolah bakar. Salah satunya yaitu mengganti kecap manis dengan madu. Hasilnya tidak kalah legit, berbumbu meresap sempurna, dan nikmat luar biasa! Ayam Panggang Blackpepper ini memang sangat sedap. Boleh klik di SINI untuk melihat entri saya sebelum ini.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam panggang madu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved