Bagaimana Membuat Ayam Panggang Klaten, Bikin Ngiler

Genevieve Perry   16/06/2020 07:29

Ayam Panggang Klaten
Ayam Panggang Klaten

Lagi mencari inspirasi resep ayam panggang klaten yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam panggang klaten yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Nyobain ayam panggang klaten nih buk ibuk. Jd ini ayam dimasak dgn santan kental dgn api kecil smpe santan jd arehh kebayang kan gurihnyaa. Agak lama ya masaknya minimal sejam di atas kompor.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam panggang klaten, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam panggang klaten enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam panggang klaten yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Panggang Klaten menggunakan 22 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Panggang Klaten:
  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung atau pejantan.(utuh dengan cakar dan kepala)
  2. Siapkan 1 jeruk nipis
  3. Sediakan Air untuk merebus ayam
  4. Sediakan Bumbu halus:
  5. Sediakan 10 kemiri
  6. Siapkan 10 bw merah
  7. Ambil 5 bw putih
  8. Ambil 1 ruas kunyit
  9. Ambil 1 ruas kencur
  10. Gunakan 1 ruas jahe
  11. Sediakan 1 ruas lengkuas
  12. Ambil 1 serai
  13. Ambil Cabe merah (selera pedasnya)
  14. Gunakan 1/2 sdt jintan
  15. Gunakan 1 sdm ketumbar
  16. Siapkan Bumbu cemplung :
  17. Gunakan 2 daun salam
  18. Ambil 5 daun jeruk wangi
  19. Ambil 1 santan kara kecil(kurleb 60 cc)
  20. Ambil 50 gr gula merah
  21. Ambil 2 sdt garam(selera asinnya)
  22. Sediakan 1 sdt kaldu bubuk(aku kaldu jamur)

Bicara tentang kuliner Klaten pasti yang pertama terpikirkan yaitu Ayam Panggang Klaten. Memang kuliner ini sudah sangat terkenal akan kelezatannya, Ayam Panggang Khas Klaten ini bisa menjadi sajian kuliner yang patut Anda coba jika sedang mampir ke Klaten. Rasanya enak sekali, gurih dan sedikit manis.beda sama ayam panggang biasa, cobain dech.gak rugi pokoknya. Nutrisi yang terkandung pada masakan ini juga cukup tinggi.

Cara membuat Ayam Panggang Klaten:
  1. Cuci ayam, lumuri jeruk nipis, diamkan kurleb 15mnt, cuci kembali, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, setelah harum masukkan air.
  3. Setelah mendidih masukkan bumbu cemplung dan ayam.
  4. Masak dengan api kecil kurleb 1 jam supaya bumbu meresap dan air menyusut.
  5. Ayam ditaruh dipinggan tahan panas, dibalur dengan sisa bumbu,oven dengan suhu 180° 35 mnt api atas bawah.
  6. Ayam Panggang Klaten siap disantap bersama keluarga tercinta.

Resep asli Ayam Panggang Klaten, Cara membuat Ayam Panggang Klaten, Resep masakan jawa tengah, Resep asli nusantara, resep masakan jawa, resep Ayam Bumbu Rujak, resep tradisional dari jawa Ayam Panggang Klaten, step by step memasak Ayam Panggang Klaten, resep Ayam Panggang Klaten dengan gambar, resep enak Ayam Panggang Klaten Ayam Panggang Ny. Hai Bunda,Di Video kali ini Dapur Vicenza akan memasak Ayam pangang Khas dari Klaten ( Jawa Tengah ) Seperti namanya ayam panggang Klaten adalah ayam panggang yang gurih karena penggunaan rempah. Resep Ayam Panggang Klaten enak pol. Kuliner khas kota ini memang tidak banyak namun judul masakan diatas sepertinya memang ada dan cukup terkenal juga di daerah jawa. Mau merasakan makanan ini?, harus dicoba memang banyak sudah yang menawarkan ayam panggang dengan ciri khas masing-masing dari setiap daerah dan memang unik-unik, kita sebagai bangsa indonesia cukup bangga dengan keaneka ragaman.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Panggang Klaten yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved