Resep Panggang ayam kampung sambal terasi, Lezat

Elijah Olson   02/08/2020 06:17

Panggang ayam kampung sambal terasi
Panggang ayam kampung sambal terasi

Lagi mencari inspirasi resep panggang ayam kampung sambal terasi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal panggang ayam kampung sambal terasi yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Panggang ayam kampung sambal terasi Retno palupi Samarinda. Lihat juga resep Ayam kampung bumbu panggang merah enak lainnya. Untuk membuat ayam panggang dengan sambal andaliman ini sangat mudah, kita bisa mempergunakan ayam negeri atau ayam kampung.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari panggang ayam kampung sambal terasi, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan panggang ayam kampung sambal terasi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah panggang ayam kampung sambal terasi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Panggang ayam kampung sambal terasi memakai 20 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Panggang ayam kampung sambal terasi:
  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung (sudah dibersihkan ya)
  2. Siapkan Bumbu Ungkep ayam :
  3. Sediakan Bawang putih
  4. Ambil Bawang merah
  5. Gunakan Kunyit
  6. Ambil Jahe
  7. Ambil Laos
  8. Ambil Kemiri
  9. Gunakan Ketumbar
  10. Gunakan Gula merah
  11. Sediakan Garam
  12. Ambil Kaldu bubuk (masako/lainnya)
  13. Siapkan Kecap untuk olesan
  14. Siapkan Sambal terasi :
  15. Ambil Cabai
  16. Sediakan Bawang merah
  17. Gunakan Bawang putih
  18. Ambil Tomat
  19. Gunakan Gula, garam, penyedap rasa
  20. Gunakan Terasi dan jeruk sambal

Untung suami bukan tipe yg pemilih makan. Sambal Ayam Bakar / Kremes Sambal andalan jika saya ada pesanan nasi box, supaya gak lupa dipost aja ya😁 sampai-sampai ada yang nanya jual sambelnya dibotol juga gak😊. Oh iya di step ini saya lupa harusnya terasi digoreng/dibakar (lebih enak) dan diblender/dihaluskan bersamaan dengan bahan A. Resep dari : Ummu Almer #Co.

Cara membuat Panggang ayam kampung sambal terasi:
  1. Haluskan bumbu ungkep, tumis dg sdikit minyak tambahkan 2 gelas air masukan ayam Ungkep 10 menit
  2. Setelah diungkep, siapkan panggangan, panggang ayam sampai matang
  3. Untuk sambal, goreng semua bahan sambar kecuali jeruk garam gula micin ya, setelah matang uleg sambal dg garam gula micin, dan beri irisan jeruk

Cara Membuat Goreng Ayam Sambal Terasi: Terlebih dulu lumurilah ayam dengan bumbu bawang putih, garam, ketumbar, merica bubuk & perasan air jeruk lemon. Gorenglah ayam dalam minyak yang sebelumnya sudah Anda panaskan hingga matang & warnanya berubah jadi tampak kecoklatan. Untung suami bukan tipe yg pemilih makan. Lumuri ayam dengan bawang putih, ketumbar, garam, merica bubuk, dan air jeruk lemon. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga berkulit.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan panggang ayam kampung sambal terasi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved