Resep Pukis Empuk yang Enak Banget

Jon Norman   20/11/2020 00:53

Pukis Empuk
Pukis Empuk

Lagi mencari inspirasi resep pukis empuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pukis empuk yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pukis empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pukis empuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Jika permukaan pukis sudah kering, segera angkat. Itulah resep dan cara membuat pukis pandan yang empuk banget. Gak cuma bisa dibuat camilan keluarga, pukis ini bisa kamu sajikan saat acara spesial, lho.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pukis empuk sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Pukis Empuk menggunakan 10 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pukis Empuk:
  1. Gunakan 250 gr tepung terigu protein sedang
  2. Siapkan 1/4 sdt vanilli bubuk
  3. Gunakan 150 gr gula pasir
  4. Gunakan 2 butir telur ukuran besar suhu ruang
  5. Gunakan 65 gr butter
  6. Siapkan 400 ml santan kekentalan agak kental
  7. Ambil 2 lembar daun pandan
  8. Siapkan 30 ml susu kental manis
  9. Siapkan 1 sdt ragi instan
  10. Ambil 1/4 sdt garam

Meski dari Banyumas, kini popularitasnya sudah melejit sampai ke berbagai kota di Indonesia. Rasa khasnya manis, gurih, empuk, lembut, dan sedikit krispi. Bisa dikatakan kue pukis ini juga merupakan modifikasi dari kue wafel loh. Meskipun di pasaran ataupun kafe bayak dijajakan, nggak ada salahnya kamu coba membuat kue pukis sendiri.

Cara menyiapkan Pukis Empuk:
  1. Lelehkan butter. Masak dengan api kecil, aduk aduk jangan sampai lemak pecah. Dinginkan (suhu ruang)
  2. Rebus santan dengan daun pandan hingga mendidih, aduk aduk sesekali agar santan tidak pecah. Sisihkan, biarkan dingin.
  3. Dalam wadah masukkan telur dan gula, mikser hingga mengembang putih. Turunkan speed ke paling rendah, - tambahkan vanilli bubuk. Masukkan tepung sedikit demi sedikit selang seling dengan santan sampai tepung dan santan habis.
  4. Tambahkan ragi instan aduk rata. Masukkan skm Terakhir butter leleh dan garam aduk ringan sampai tercampur rata.
  5. Diamkan adonan kurang lebih 1 jam. Adonan akan keluar banyak gelembung tanda ragi aktif. Panaskan cetakan dengan api kecil, olesi cetakan pukis dengan margarin tipis tipis. Jika cetakan sudah panas tuang adonan setinggi 3/4 cetakan. Tutup cetakan. Biarkan matang.
  6. Setelah matang, angkat dari cetakan. Taruh dengan posisi tidur agar pukis tidak penyok. Oles tipis tipis dengan butter. Siap disajikan.

Cara membuat kue pukis cukup mudah kok. Kamu bisa mengikuti resep yang telah ada, dijamin kamu bisa bikin kue pukis dengan rasa enak empuk dan antigagal. Resep Kue Pukis Sederhana Enak Empuk dan Lembut: Merupakan cara mudah dengan adonan dasar sederhana untuk membuat kue pukis yang bertekstur empuk dan lembut. Kue bercita rasa istimewa ini merupakan salah satu ragam kue basah jajanan pasar tradisonal Indonesia yang biasa dijual dengan topping keju dan coklat meses hingga kismis. Ciri khas kue pukis memiliki bentuk dan warna yang khas.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pukis Empuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved