Resep Lentog tanjung "lontong sayur gori" yang Menggugah Selera

Jennie Hogan   17/10/2020 17:40

Lentog tanjung "lontong sayur gori"
Lentog tanjung "lontong sayur gori"

Anda sedang mencari inspirasi resep lentog tanjung "lontong sayur gori" yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal lentog tanjung "lontong sayur gori" yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Berupa Sajian Lontong, Sayur Gori dan Lodeh Tahu Nikmatnya Seporsi Lentog Tanjung dengan Sate Usus dan Telur Puyuh via Instagram/elegi.sandyakala_ Lentog Tanjung khas Kudus merupakan sajian tradisional berisi irisan lontong yang disiram dengan sayur gori atau nangka muda dan lodeh tahu atau tempe. Resep Lentog tanjung "lontong sayur gori". Lihat juga resep Lentog tanjung "lontong sayur gori" enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lentog tanjung "lontong sayur gori", mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan lentog tanjung "lontong sayur gori" enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah lentog tanjung "lontong sayur gori" yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Lentog tanjung "lontong sayur gori" menggunakan 34 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Lentog tanjung "lontong sayur gori":
  1. Gunakan Sayur gori
  2. Siapkan 1/2 kg nangka muda
  3. Sediakan Bumbu halus
  4. Siapkan 5 siuang bawang merah
  5. Ambil 3 siung bawang putih
  6. Siapkan 4 buah kemiri
  7. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  8. Ambil Bumbu cemplung
  9. Siapkan 1 ruas lengkuas
  10. Sediakan 3 lembar daun salam
  11. Siapkan 1 batang serai
  12. Ambil Santan
  13. Gunakan Bumbu opor tahu pedas
  14. Siapkan sesuai selera Tahu
  15. Siapkan 5 buah bawang merah
  16. Siapkan 4 buah bawang putih
  17. Gunakan 4 buah kemiri
  18. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  19. Gunakan 1/2 sdt merica bubuk
  20. Gunakan 1 ruas lengkuas
  21. Ambil Santan kental
  22. Ambil Bandeng goreng (ulek daging tanpa duri, rasa jadi lebih lezatt)
  23. Gunakan Telur bacem
  24. Siapkan Telur rebus kupas
  25. Ambil Kecap manis
  26. Siapkan Gula jawa
  27. Gunakan Kecap asin
  28. Sediakan Bawang putih geprek
  29. Sediakan iris Bawang merah
  30. Siapkan Daun salam
  31. Sediakan Serei
  32. Siapkan Lengkuas
  33. Ambil Gula pasir garam
  34. Ambil 1

Lentog Tanjung (Kudus) Kudus memiliki kuliner yang mempunyai cita rasa sedap dan gurih, yaitu lentog tanjung. Makanan berkuah ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari desa Tanjung Karang yang berada di wilayah Kudus. Bahan utama lentog tanjung terdiri dari irisan lontong, sayur gori atau nangka muda, dan lodeh tahu. Bahan pertama yakni lentog atau lontong yang dipotong kecil kecil.

Cara menyiapkan Lentog tanjung "lontong sayur gori":
  1. Rebus gori hingga empuk (tambahkan sedikit garam, dan tambahkan daun salam)cemplungkan gori saat air sudah mendidih). Jika sudah empuk angkat tiriskan
  2. Haluskan semua bumbu lalu tumis dg sedikit minyak, masukkan santan, masukkan gori yg tadi sudah direbus, tambahkan lengkuas, daun salam, sereh. Beri perasa gula garam penyedap. Jika sudah mendidih matikan api.
  3. Untuk opor tahunya haluskan semua bumbu, tumis hingga matang masukkan tahu goreng yg sudah diiris, santan kental, lengkuas, daun salam, gula, garam, penyedap. Tunggu hingga mendidih… Matikan api. Kalau ingin tambah lezat…. Kasih ulekan daging bandeng goreng buang durinya
  4. Untuk telur bacem, rebus telur kupas kulitnya. Siapkan panci kasih air, bawang putih geprek,bawang merah iris, gula, garam, kecap manis, kecap asin(jika ada), gula jawa yg hitam, ketumbar, gula pasir, daun salam, serei. Rebus agak lama hingga kulit telur jadi hitam dan mengkat….

Yap, lentog itu sebenarnya lontong, beras yang dimasak dengan daun pisang. Yang unik dari lentog adalah ukuran lontongnya yang gede banget. Bukan betisnya si Hulk apalagi betis saya yang gendut. LENTOG TANJUNG Bisa dibilang menu vegetarian, tidak ada daging sama sekali. Pokoknya kalau pas saya ke Semarang, KUDU order makanan ini dari Kudus jauh-jauh hari! #cumungudh.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Lentog tanjung "lontong sayur gori" yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved