Resep Siomay Bandung yang Bikin Ngiler

Myra Schneider   18/11/2020 20:42

Siomay Bandung
Siomay Bandung

Lagi mencari ide resep siomay bandung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal siomay bandung yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Siomay Bandung is Indonesian steamed fish dumplings served in peanut sauce. Originated from the city of Bandung in West Java, these dumplings are an evolution of Chinese pork shumai. Unlike its dim sum inspiration, siomay Bandung is served as a complete meal with an assortment of vegetables and peanut sauce.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari siomay bandung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan siomay bandung enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat siomay bandung yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Siomay Bandung memakai 26 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Siomay Bandung:
  1. Ambil 500 gr daging tengiri
  2. Sediakan 175 gr tepung tapioka
  3. Gunakan 250 gr labu siam kukus
  4. Gunakan 3-4 bawang putih
  5. Ambil 2.5 sdt garam
  6. Ambil 3.5 sdt gula
  7. Siapkan 3 putih telor
  8. Sediakan Secukupnya penyedap(bisa skip)
  9. Sediakan Bahan Tambahan:
  10. Ambil Kulit pangsit
  11. Ambil Telor
  12. Sediakan Kentang
  13. Sediakan Kubis, dipotong terus digulung
  14. Ambil sendok Tahu putih mentah/ tahu bentet, dikurangi isi dalam ya dg
  15. Siapkan sesuai selera Pare, dipotong2
  16. Ambil Bumbu Kacang/ saos kacang:
  17. Siapkan 200 gr kacang tanah goreng, haluskan
  18. Gunakan 2 siung bawang putih goreng
  19. Siapkan 5-10 cabe kriting
  20. Sediakan 2 sdt garam
  21. Sediakan 1 sdm air asem
  22. Ambil 700 ml air
  23. Sediakan Pelengkap:
  24. Siapkan Kecap manis
  25. Ambil Jeruk limau
  26. Gunakan Saos sambal

Siomay adalah salah satu makanan yang disukai di Indonesia. Meski merupakan makanan peranakan, tapi banyak yang mengatakan di Indonesia siomay dari Bandung merupakan siomay yang paling enak. Siomay Bandung dinilai paling enak karena banyak faktor, mulai dari rasanya Siomay Bandung is very famous in Indonesia and the meat used in Siomay Bandung is always fish. In my recipe, I use chicken and shrimp.

Langkah-langkah membuat Siomay Bandung:
  1. Haluskan tengiri bersama labu siam kukus, bawang putih, garam, gula, putih telor dan penyedap, bisa pakai food prosesor atau digilingkan
  2. Setelah halus tambahkan tapioka sedikit2 sampai habis sambil di giling pelan. Setelah tercampur rata, sisihkan
  3. Isikan adonan tengiri td ke dalam kulit pangsit, tahu dan pare. Kemudian kukus bersama telor, kentang dan kobis. Ngukusnya pare terakhir aja stlh yg lain matang biar warnanya tetep bagus
  4. Rebus air di panci sampai mendidih, kmd matikan api. Sisa adonan dibikin spt bikin pentol dan dimasukkan ke dlm air panas menggunakan sendok.Kemudian panaskan lagi air nya. (Tapi adonan ini tdk bisa dibikin bulat2 spt pento)l. Setelah pentol nya naik, angkat dan sisihkan
  5. Haluskan cabe kriting, bawang putih,gula, dan garam. Campurkan bumbu halus dan kacang goreng yg telah dihaluskan. Kemudian bumbu yg telah dicampur tadi direbus dg air 700ml sampai agak menyusut air nya. Kekentalannya sesuai dg keinginan aja.
  6. Siomay siap di sajikan di piring dg memotong2 bahan yg sdh matang, dan disiram dg saos kacang, kecap manis, saos sambal dan air jeruk limau

You can substitute chicken and shrimp with fish and it will become Siomay Bandung. As mentioned, Indonesian style's siomay is served in peanut sauce. Setor recook siomay bandung punya mbak Ayu Nurjaman. Kebetulan dimasakin adik cemilan favorit ini di jakarta, jadi kepingin bikin lagi di rumah. Siomay Bandung, lengkap dengan rebusan kentang, kol dan sambal kacang yg creammy.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan siomay bandung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved