Resep Pukis empuk, Bisa Manjain Lidah

Alexander Vaughn   14/07/2020 21:13

Pukis empuk
Pukis empuk

Sedang mencari inspirasi resep pukis empuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pukis empuk yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Jika permukaan pukis sudah kering, segera angkat. Itulah resep dan cara membuat pukis pandan yang empuk banget. Gak cuma bisa dibuat camilan keluarga, pukis ini bisa kamu sajikan saat acara spesial, lho.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pukis empuk, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pukis empuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pukis empuk yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pukis empuk menggunakan 10 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pukis empuk:
  1. Siapkan 375 ml santan (saya 2 sachet kara @65ml +air)
  2. Ambil 1/2 sdt garam
  3. Gunakan 4-5 lbr daun jeruk
  4. Gunakan 2 btr telur
  5. Gunakan 150 g gula pasir
  6. Gunakan 250 g terigu segitiga biru
  7. Siapkan 3 g ragi instan
  8. Gunakan 120 g margarin
  9. Sediakan 1 sachet SKM
  10. Siapkan Toping: meises, keju

Meski dari Banyumas, kini popularitasnya sudah melejit sampai ke berbagai kota di Indonesia. Rasa khasnya manis, gurih, empuk, lembut, dan sedikit krispi. Bisa dikatakan kue pukis ini juga merupakan modifikasi dari kue wafel loh. Meskipun di pasaran ataupun kafe bayak dijajakan, nggak ada salahnya kamu coba membuat kue pukis sendiri.

Langkah-langkah membuat Pukis empuk:
  1. Rebus terlebih dulu santan, garam dan daun jeruk sampai mendidih, sambil diaduk2 dengan api kecil, tunggu sampai dingin suhu ruang
  2. Lelehkan margarin
  3. Campur terigu dan ragi, sisihkan
  4. Di wadah yang lain mixer telur dan gula pasir sampai mengembang
  5. Masukkan campuran terigu+ragi ke adonan telur sedikit2, bergantian dengan santan, aduk dengan whisk saja
  6. Setelah itu masukkan SKM, aduk rata kembali dan istirahatkan adonan -+ 1 jam, tutup dgn kain
  7. Setelah 1 jam, masukkan margarin yang sudah dilelehkan
  8. Panaskan cetakan, jangan lupa olesi dengan margarin agar mudah mengambil kue dr cetakan
  9. Tuang adonan ke cetakan, jgn terlalu penuh, tunggu setengah matang dan beri toping diatasnya, tutup dn biarkan hingga matang, dan pinggirannya kecoklatan
  10. Sajikan selagi hangat dengan segelas teh atau susu milo..hmmm sedaaapp😜 selamat mencobaa..

Cara membuat kue pukis cukup mudah kok. Kamu bisa mengikuti resep yang telah ada, dijamin kamu bisa bikin kue pukis dengan rasa enak empuk dan antigagal. Resep Kue Pukis Sederhana Enak Empuk dan Lembut: Merupakan cara mudah dengan adonan dasar sederhana untuk membuat kue pukis yang bertekstur empuk dan lembut. Kue bercita rasa istimewa ini merupakan salah satu ragam kue basah jajanan pasar tradisonal Indonesia yang biasa dijual dengan topping keju dan coklat meses hingga kismis. Ciri khas kue pukis memiliki bentuk dan warna yang khas.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pukis empuk yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved