Resep Balado Suwir Ikan Tongkol Anti Gagal

Claudia Ramirez   09/07/2020 03:05

Balado Suwir Ikan Tongkol
Balado Suwir Ikan Tongkol

Anda sedang mencari ide resep balado suwir ikan tongkol yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal balado suwir ikan tongkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Cara Membuat Ikan Tongkol Balado Suwir: Untuk membuat ikan tongkol suwir, pertama setelah ikan didiamkan selama waktu yang telah ditentukan, silahkan panaskan minyak dalam wajan. Lalu goreng ikan tongkol kedalamya hingga berwarna keemasan, namun perhatikan jangan sampai bagian dalam yakni bagian daging ikan menjadi kering. Biasanya kalau masak tongkol lebih sering di balado atau di cabe hijau.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari balado suwir ikan tongkol, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan balado suwir ikan tongkol yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah balado suwir ikan tongkol yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Balado Suwir Ikan Tongkol menggunakan 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Balado Suwir Ikan Tongkol:
  1. Siapkan 1 Kg Ikan Tongkol
  2. Gunakan 100 ml Santan Kelapa
  3. Gunakan Cabe rawit (sesuai Selera)
  4. Sediakan Bawang merah (dihaluskan)
  5. Ambil Bawang putih (dihaluskan)
  6. Siapkan 5 buah Tomat (dihaluskan)
  7. Sediakan Gula pasir (secukupnya)
  8. Siapkan 1 ruas Jahe (dihaluskan)
  9. Siapkan 1 sachet Royco ayam
  10. Ambil Garam (secukupnya)
  11. Siapkan 1 sdt Ketumbar
  12. Siapkan 1 buah Bawang bombay
  13. Siapkan 4 lbr Daun jeruk
  14. Siapkan 5 sdm minyak goreng

Setelah ikan matang, silahkan angkat dan sisihkan dalam wadah. Sudah lama ga masak, tiba-tiba pengen makan ikan tongkol yg pedas. Supaya saat makan ga repot pisah-pisahin tulangnya jadi ikan sudah disuwir-suwir. Lihat juga resep Ikan tongkol balado enak lainnya.

Cara membuat Balado Suwir Ikan Tongkol:
  1. Rebus ikan tongkol terlebih dahulu sekitar 5 menit kemudian tiriskan hingga dingin. Setelah itu suwir daging ikan tongkol.
  2. Haluskan bawang putih bawang merah, cabe rawit, jahe, tomat, dan ketumbar. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan tambahkan daun jeruk.
  3. Masukkan ikan tongkol yang telah disuwir, aduk hingga bumbu tercampur rata. Kemudian masukkan santan kelapa, tambahkan garam, gula pasir, royco ayam. Masak hingga kering (koreksi rasa).
  4. Setelah daging suwir dimasak agak kering, masukkan bawang bombay yang sudah diiris memanjang. Tumis sebentar hingga layu dan tercampur dengan ikan suwir. Matikan api. Masakan siap dihidangkan.

Demikian salah satu aneka resep ikan tongkol yang bisa kami sampaikan untuk anda saat ini, dan akan kami lanjutkan lagi dilain kesempatan. Semoga resep ikan tongkol bumbu balado pedas ini bisa menjadikan anda menambah pengalaman untuk memasak ikan tongkol, untuk resep anek aneka ikan tongkol coba Resep Ikan Tongkol Cabai Hijau Pedas. Tumis bawang putih, bawang merah hingga harum, masukkan daun jeruk, cabai rawit dan cabai merah yang sudah dihaluskan dengan tomat. Masukkan tongkol suwir dan aduk rata dengan bumbu. Beri garam, gula dan penyedap rasa secukupnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Balado Suwir Ikan Tongkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved