Resep Pecel Sayur, Enak

Mark Flowers   25/08/2020 19:20

Pecel Sayur
Pecel Sayur

Sedang mencari inspirasi resep pecel sayur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pecel sayur yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pecel sayur, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan pecel sayur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Pecel sayur enak lainnya. Pecel sayur (resep bumbu kacang untuk stok tahan lama) dulu ibu saya pernah hampir kena struk ringan, kolestrol, gula dll. dokter menyarankan ibu untuk mengatur pola makan. Setelah mendengar saran dokter, ibu memperbanyak makan sayur dan mengurangi nasi serta makanan berlemak.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pecel sayur yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pecel Sayur menggunakan 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pecel Sayur:
  1. Siapkan 1 buah labu siam cuci dan potong kotak
  2. Ambil 200 gram buncis cuci bersih potong sesuai selera
  3. Ambil 1 ikat Lembayung ambil yang muda daunnya, cuci bersih
  4. Siapkan 1 buah wortel potong memanjang
  5. Ambil bumbu pecel:
  6. Gunakan 200 gram kacang tanah
  7. Gunakan 13 buah bawang putih
  8. Sediakan 4 daun jeruk
  9. Sediakan 15 buah cabe rawit
  10. Siapkan 1/2 SDM asam jawa
  11. Sediakan 90 gram gula jawa
  12. Siapkan secukupnya garam

Lanjut ke pecel sayur khas jawa yang merupakan salad sayurnya orang Indonesia, untuk bahan dan bumbunya sebenarnya hampir mirip dengan gado-gado (rujak sayur), rujak cingur dan lotek sayur. Pecel sayur juga bisa disajikan dengan bahan pelengkap lain, seperti telur, tempe, tahu, peyek. Pecel menjadi makanan yang terkenal di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Masing-masing daerah juga punya berbedaan dalam menyajikan hidangannya lho.

Cara membuat Pecel Sayur:
  1. Rebus semua sayur sisihkan
  2. Untuk membuat bumbu pecel: goreng kacang tanah, bawang putih, dan daun jeruk sampai matang
  3. Haluskan bawang putih daun jeruk dan kacang tanah. Tuang air asam jawa kemudian kita aduk rata. Campuran gula dan garam aduk sampai tercampur rata. Ambil secukupnya bumbu pecel lalu beri air. Kemudian sisihkan
  4. Tata sayuran di piring dengan bumbu di tengah,jika akan memakannya baru sambal pecel disiramkan

Terutama perbedaan dari cita rasa dan konsistensi saus kacangnya. Pecel is a traditional meal from one town in East Java, Madiun. It made from different vegetables and serve with peanut sauce and warm plain rice (nasi putih). And usually accompany with some rice flour cracker (rempeyek). In reality Pecel has a lot of version such as pecel Blitar, Nganjuk, Kediri, Ponorogo, and Madiun.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pecel sayur yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved