Bagaimana Membuat Pukis Menul Empuk Berserat yang Enak

Delia Santiago   10/11/2020 10:59

Pukis Menul Empuk Berserat
Pukis Menul Empuk Berserat

Sedang mencari ide resep pukis menul empuk berserat yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pukis menul empuk berserat yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Jadi keponakan sedang ulang tahun, kita adakan syukuran. Jajanan pukus ini cocok nih buat nemenin minum teh. Resep Kue Pukis Menul & Berserat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pukis menul empuk berserat, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pukis menul empuk berserat yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pukis menul empuk berserat yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pukis Menul Empuk Berserat memakai 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pukis Menul Empuk Berserat:
  1. Gunakan 500 gr tepung terigu segitiga
  2. Siapkan 1/4 sdt baking powder
  3. Siapkan 250 gr gula bubuk
  4. Gunakan 1 sdt ragi instan
  5. Siapkan 3 butir telur ayam
  6. Gunakan 130 ml santan kanil (2 bks kara)
  7. Siapkan 400 ml air
  8. Sediakan 2 sachet susu kental manis putih
  9. Sediakan 150 gr margarin, lelehkan
  10. Ambil Vanili
  11. Siapkan Toping (coklat bubuk/keju/kismis)

Kalau bicara soal jajanan khas Indonesia, tentu kue pukis masuk dalam daftar. Kue yang satu ini bisa ditemui di mana saja, dari pasar tradisional hingga di mall. Tapi memang tidak semua kue pukis punya rasa yang gurih dan mengembang sempurna. Kamu bisa membuat sendiri kue pukis yang empuk, mengembang sempurna dengan rasa gurih legit yang nikmat.

Cara membuat Pukis Menul Empuk Berserat:
  1. Ayak terigu dan baking powder, sisihkan.
  2. Kocok lepas telur dan gula dengan whisker, tambahkan ragi, vanili, santan kara dan susu kental manis.
  3. Tips : pastikan ragi masih aktif, karena sy pernah beli, kemasan utuh, expired masih lama, namun ragi sudah rusak/tdk aktif. Jadi setelah membeli ragi, ambil 1/2 sdt ragi dan larutkan dalam air 1/4 gelas hangat di gelas, tutup diamkan 10 menit, jika terbentuk gelembung2 air berarti ragi aktif.
  4. Tambahkan tepung dan baking powder yang sudah diayak dan air secara begantian dan sedikit demi sedikit. Aduk hingga tidak bergerindil
  5. Tutup adonan dengan serbet untuk fermentasi, diamkan selama 4 jam sampai adonan mengembang 2x lipat.
  6. Tambahkan adonan dengan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk rata
  7. Panaskan cetakan, pastikan cetakan benar-benar panas. Oles margarin tipis2 pada cetakan. Tuangkan adonan hingga 3/4 cetakan. Tambahkan toping. Tunggu hingga matang. (Saya hanya mengoleskan margarin pada cetakan pertama, untuk cetakan kedua sy tidak mengoles margarin krn sudah tidak lengket, tergantung cetakan masing-masing ya😊)

Jajanan diluaran semakin membuat para Ibu tidak tenang, karena banyaknya bahan 'ajaib berbahaya' digunakan. Yuk, kita bikin pukis sendiri saja, terus main jual-jualan sama anak-anak dirumah. Yang ini versi irit telur, ekonomis buat jualan beneran. Lihat juga resep Pukis Kopi Menul lembut berserat enak lainnya. Merdeka.com - Pengen jajan kue pukis yang lembut dan harum?

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pukis Menul Empuk Berserat yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved