Resep Pukis Empuk yang Enak

Violet Waters   02/11/2020 14:59

Pukis Empuk
Pukis Empuk

Sedang mencari inspirasi resep pukis empuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pukis empuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pukis empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan pukis empuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Jika permukaan pukis sudah kering, segera angkat. Itulah resep dan cara membuat pukis pandan yang empuk banget. Gak cuma bisa dibuat camilan keluarga, pukis ini bisa kamu sajikan saat acara spesial, lho.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pukis empuk yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pukis Empuk menggunakan 15 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pukis Empuk:
  1. Ambil 270 gr tepung terigu
  2. Gunakan 1 sdm tapioka
  3. Gunakan 3 butir telur
  4. Siapkan 100 gr gula pasir
  5. Gunakan Bahan biang :
  6. Sediakan 10 gr tepung terigu
  7. Gunakan 2 sdt fermipan
  8. Sediakan 50 ml air hangat
  9. Sediakan 20 gr gula pasir
  10. Gunakan Bahan basah :
  11. Siapkan 165 ml santan
  12. Ambil 100 gr gula pasir
  13. Gunakan 1/2 sdt garam
  14. Sediakan 165 ml susu cair
  15. Sediakan 1 sdt vanila essens

Meski dari Banyumas, kini popularitasnya sudah melejit sampai ke berbagai kota di Indonesia. Rasa khasnya manis, gurih, empuk, lembut, dan sedikit krispi. Bisa dikatakan kue pukis ini juga merupakan modifikasi dari kue wafel loh. Meskipun di pasaran ataupun kafe bayak dijajakan, nggak ada salahnya kamu coba membuat kue pukis sendiri.

Cara membuat Pukis Empuk:
  1. Campur bahan biang menjadi satu kemudian diamkan selama 15 menit
  2. Masak bahan basah sampai mendidih kemudian angkat dan masukkan vanila essens
  3. Mixer telur dan gula pasir sampai tercampur kemudian masukkan secara bergantian bahan biang, terigu dan bahan basah. Aduk sekali sampai merata kemudian diamkan selama 1 jam
  4. Setelah 1 jam, bahan mengembang, panaskan cetakan pukis olesi dengan margarin
  5. Masukkan adonan kedalam cetakan sambil diberi topping atau keju kemudian tutup tunggu agak kering
  6. Angkat, setelah itu olesi dengan margarin agar tetap lembab

Cara membuat kue pukis cukup mudah kok. Kamu bisa mengikuti resep yang telah ada, dijamin kamu bisa bikin kue pukis dengan rasa enak empuk dan antigagal. Ciri khas kue pukis memiliki bentuk dan warna yang khas. Yakni bagian atasnya berwarna kuning dan bagian bawahnya kecoklatan. Teksturnya lembut dan empuk, sehingga siapa saja bisa menikmatinya, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pukis empuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved