Resep Pukis Banyumas, lembut dan wangi yang Bisa Manjain Lidah

William Ruiz   04/09/2020 13:26

Pukis Banyumas, lembut dan wangi
Pukis Banyumas, lembut dan wangi

Anda sedang mencari inspirasi resep pukis banyumas, lembut dan wangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pukis banyumas, lembut dan wangi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pukis banyumas, lembut dan wangi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pukis banyumas, lembut dan wangi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Dulu pernah sekali coba resep pukis tapi hasilnya jadi padet, klo seleraku yg lembut dan wangi seperti yang aku suka beli di depan indomaret dekat rumah. aseliii nagihhh. Pukis ini terkenal sekali di Jawa yaa.hampir semua bagian Jawa pasti kenal sama penjual pukis asal Banyumas ini. Domisili saya kebetulan di Makassar, disajikan ke keluarga di sini, makanan ini jadi favorit karena rasanya perpaduan dari manis, gurih, santan, lembut dan wangi pula walau keadaannya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pukis banyumas, lembut dan wangi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pukis Banyumas, lembut dan wangi memakai 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pukis Banyumas, lembut dan wangi:
  1. Gunakan 4 butir telur
  2. Siapkan 300 gr gula pasir
  3. Siapkan 500 gr terigu segitiga
  4. Sediakan 1/2 bungkus ragi instan (saya pake 2 sdm)
  5. Siapkan 750 ml santan dari 3 bungkus kara + air, saya cuma pake 1 bks
  6. Sediakan 1/2 sdt vanila bubuk
  7. Siapkan 1/2 sdt garam
  8. Gunakan 1/2 kaleng SKM
  9. Sediakan 200 gr blueband
  10. Ambil 30 gr wijsman (saya pake margarin semuanya)
  11. Ambil 3 lembar daun jeruk purut

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan wangi yang khas serta rasanya yang istimewa. Kue basah ini cocok menemani anda sebagai cemilan dan teman untuk kopi, teh, bahkan bisa dihidangkan untuk tamu. Saat ini saya akan memberikan Keju Cheddar Prochiz sebagai topping agar kue Pukis semakin lezat dan sehat. Pukis ini terkenal sekali di Jawa yaa.hampir semua bagian Jawa pasti kenal sama penjual pukis asal Banyumas ini.

Langkah-langkah membuat Pukis Banyumas, lembut dan wangi:
  1. Rebus santan dengan daun jeruk nipis dan garam sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat suam-suam kuku dan siap digunakan. Setelah hangat masuukan susu kental manis. Aduk rata
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang, kemudian masukkan bahan kering (terigu, ragi, dan vanila bubuk) dan santan hangat ke dalam adonan kocokan telur, secara bergantian. Bisa dikocok pelan dengan mikser.
  3. Setelah itu masukkan blueband dan wijsman yang sudah dicairkan. Kemudian diamkan selama 1 jam. Setelah 1 jam adonan akan mengembang
  4. Panaskan cetakan langsung di atas kompor tidak perlu alas. Setelah cukup panas masukan adonan 3/4 tinggi cetakan, krn adonan akan mengembang. Setiap kali akan memasukkan adonan ke dalam cetakan, adonan harus diaduk-aduk supaya tidak banyak gas-nya.
  5. Oh yah kalo mau kasih toping bisa langsung dimasukkan setelah adonan sudah masuk ke pangganggan.
  6. Tutup cetakan dan biarkan matang, saya sarankan sih pake api sedang-kecil jgn terlalu besar
  7. Jadi sebanyak ini nihh, abaikan yg hangus krn sibuk jeprat jepret adonan pertama yg udah matang, jadinya angus deh adonan keduanya yg msh di panggang 😆tapi msh enak kok heheheh

Domisili saya kebetulan di Makassar, disajikan ke keluarga di sini, makanan ini jadi favorit karena rasanya perpaduan dari manis, gurih, santan, lembut dan wangi pula walau keadaannya. Resep kue pukis pandan lembut - Hallo sobat pecinta kue Indonesia, barangkali ada yang belum tahu tentang jenis kue tradisional asli Indonesia ini. Lihat juga resep Pukis Pandan Wangi enak lainnya. Cara Membuat Kue Pukis Khas Banyumas yang Enak, Lembut dan Istimewa Cara Mempersiapkan Bahan: Untuk yang pertama kita akan kupas terlebih dahulu buah pisangnya. Caranya, silahkan potong bagian atas pisang dan kupas bagian kulitnya secara merata.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pukis Banyumas, lembut dan wangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved