Bagaimana Membuat Serundeng ayam suwir Anti Gagal

Belle James   06/12/2020 02:30

Serundeng ayam suwir
Serundeng ayam suwir

Sedang mencari inspirasi resep serundeng ayam suwir yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal serundeng ayam suwir yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari serundeng ayam suwir, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan serundeng ayam suwir enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Serundeng Ayam Suwir dengan rasa Pedas Manis. Masakan ini paling cocok di saat kita sibuk banyak kerjaan dan tidak sempat membuat lauk untuk sarapan pagi. Dengan serundeng ayam maka seluruh keluarga bisa sarapan tanpa harus melihat telur mata sapi setiap hari hehehe.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat serundeng ayam suwir sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Serundeng ayam suwir memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Serundeng ayam suwir:
  1. Sediakan 1/2 kg Ayam
  2. Sediakan 100 gr Kelapa parut (boleh lebih)
  3. Siapkan 1 batang serai (geprek)
  4. Sediakan 1 ruas lengkuas (geprek)
  5. Sediakan 1 lembar daun salam
  6. Sediakan 750 ml air
  7. Gunakan Bumbu halus
  8. Ambil 6 siung bawang merah
  9. Sediakan 3 siung bawang putih
  10. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  11. Ambil 1 sdt ketumbar
  12. Gunakan 1/2 sdt jinten
  13. Siapkan secukupnya Garam
  14. Ambil secukupnya Gula
  15. Gunakan 1 buah cabe merah besar
  16. Gunakan 1/2 ruas kunyit

Masak dengan api kecil sambil diaduk agar tidak gosong hingga kelapa berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Jika ingin disimpan, pastikan ayam serundeng sudah benar-benar dingin. Ayam Serundeng Kering Tumis bumbu serundeng hingga matang, masukkan semua bumbu kasar, tuang air secukupnya. Masak lagi hingga bumbu mengental dan sedap.

Cara menyiapkan Serundeng ayam suwir:
  1. Rebus ayam dengan air, setelah matang tunggu sampai dingin lalu suwir-suwir
  2. Haluskan bumbu halus, lalu campurkan kedalam ayam, kelapa parut.aduk sampai rata
  3. Nyalakan kompor. Panaskan wajan. Masukkan ayam suwir yang dilumuri bumbu, lengkuas,daun salam,serai ke dalam wajan, tambahkan dengan air kaldu(hasil rebusan ayam tadi) 100ml. Aduk aduk terus sampai kering
  4. Setelah kering dan tercium wangi sedap. Angkat & sajikan

Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng - Sudah lama sekali rasanya saya ingin membagikan salah satu masakan berbahan dasar ayam yang disukai banyak orang ini. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering. Fimela.com, Jakarta Ayam bisa diolah jadi apa saja, terutama yang disukai anak-anak dan bisa jadi menu sarapan mereka, salah satunya adalah menjadikan serundeng ayam suwir alias abon ayam. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat serundeng ayam suwir?

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan serundeng ayam suwir yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved