Cara Gampang Membuat Serundeng Ayam Suwir yang Enak Banget

Calvin Beck   02/09/2020 03:30

Serundeng Ayam Suwir
Serundeng Ayam Suwir

Lagi mencari ide resep serundeng ayam suwir yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal serundeng ayam suwir yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Serundeng Ayam Suwir dengan rasa Pedas Manis. Masakan ini paling cocok di saat kita sibuk banyak kerjaan dan tidak sempat membuat lauk untuk sarapan pagi. Dengan serundeng ayam maka seluruh keluarga bisa sarapan tanpa harus melihat telur mata sapi setiap hari hehehe.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari serundeng ayam suwir, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan serundeng ayam suwir enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan serundeng ayam suwir sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Serundeng Ayam Suwir menggunakan 20 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Serundeng Ayam Suwir:
  1. Siapkan Dada ayam fillet 250 gram
  2. Sediakan Kelapa parut 3 bungkus, setara 1/2 buah kelapa utuh
  3. Ambil 4 lembar Daun jeruk
  4. Gunakan 6 lembar Daun salam
  5. Ambil 2 batang serai, geprek
  6. Sediakan Bumbu daging ayam:
  7. Gunakan 6 siung bawang merah
  8. Ambil 4 siung bawang putih
  9. Siapkan 1 sdt butir ketumbar
  10. Sediakan 1 1/2 ruas kunyit
  11. Siapkan 1 1/2 sdt garam
  12. Gunakan 1 keping gula jawa, sisir
  13. Ambil Bumbu kelapa parut:
  14. Siapkan 6 siung bawang merah
  15. Ambil 4 siung bawang putih
  16. Sediakan 2 ruas kunyit
  17. Siapkan 4 buah cabe merah keriting
  18. Siapkan 1 sdt butir ketumbar
  19. Siapkan 1 1/2 sdt garam
  20. Siapkan 2 keping gula jawa, sisir

Masak dengan api kecil sambil diaduk agar tidak gosong hingga kelapa berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Jika ingin disimpan, pastikan ayam serundeng sudah benar-benar dingin. Ayam Serundeng Kering Tumis bumbu serundeng hingga matang, masukkan semua bumbu kasar, tuang air secukupnya. Masak lagi hingga bumbu mengental dan sedap.

Langkah-langkah membuat Serundeng Ayam Suwir:
  1. Rebus dada ayam hingga matang, suwir suwir. Sisihkan.
  2. Bumbu ayam: Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kunyit. Tumis hingga harum, masukkan 2 lembar daun jeruk, 3 lembar daun salam dan 1 batang serai. Masukkan air 200 ml, garam dan gula jawa. Masak hingga air menyusut. Koreksi rasa, angkat dan sisihkan.
  3. Bumbu kelapa parut: Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, ketumbar dan kunyit. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk 2 lembar, daun salam 3 lembar dan serai. Tambahkan air 100 ml, masukkan gula jawa dan garam, koreksi rasa. Jika sudah pas, masukkan kelapa parut.
  4. Aduk rata, lalu tambahkan tumisan ayam suwir tadi. Masak dengan api kecil. Aduk terus agar tidak gosong. Masak hingga kelapa parut kering dan adukan terasa ringan. Matikan api dan angin anginkan, jika sudah dingin, masukkan dalam stoples.

Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng - Sudah lama sekali rasanya saya ingin membagikan salah satu masakan berbahan dasar ayam yang disukai banyak orang ini. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering. Fimela.com, Jakarta Ayam bisa diolah jadi apa saja, terutama yang disukai anak-anak dan bisa jadi menu sarapan mereka, salah satunya adalah menjadikan serundeng ayam suwir alias abon ayam. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat serundeng ayam suwir?

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat serundeng ayam suwir yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved