Bagaimana Menyiapkan Semur Ayam, Tahu, Kentang yang Enak

Clarence McGee   26/06/2020 04:26

Semur Ayam, Tahu, Kentang
Semur Ayam, Tahu, Kentang

Lagi mencari ide resep semur ayam, tahu, kentang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur ayam, tahu, kentang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Semur ayam telur tahu kentang enak lainnya. Masak ayam dan kentang sampai kuahnya mengental, sisihkan. Sajikan semur ayam dan kentang bersama bawang goreng.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur ayam, tahu, kentang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan semur ayam, tahu, kentang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah semur ayam, tahu, kentang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Semur Ayam, Tahu, Kentang memakai 14 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Semur Ayam, Tahu, Kentang:
  1. Siapkan 12 buah chicken drumstick, atau bagian apa saja boleh kok..😊
  2. Gunakan 5 buah tahu potong kotak atau segitiga goreng setengah matang
  3. Gunakan 2 buah kentang uk agak besar potong2, goreng setengah matang
  4. Siapkan 3 siung bawang putih
  5. Gunakan 6 siung bawang merah
  6. Gunakan 1 ruas kayu manis
  7. Siapkan 2 buah kemiri
  8. Ambil 1 sdm lada butiran
  9. Ambil 1 sdt jintan dan ketumbar bubuk (optional)
  10. Sediakan 3-4 sdm kecap manis
  11. Sediakan secukupnya garam dan gula pasir
  12. Siapkan 2 lbr daun salam, daun jeruk @
  13. Sediakan 500 ml air
  14. Sediakan secukupnya minyak utk menumis

Untuk membuat semur ayam bisa dipakai ayam kampung atau ayam negeri. Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam menjadi bumbu utama yang wajib ada, karena semur diartikan sebagai masakan dengan lumuran kecap berwarna coklat pekat. Saya bukan ahli masak, masih belajar dan akan trus belajar. Jadi mungkin bahan dan cara saya memasak berbeda dengan yang lainnya, semoga bisa dimaklumi Jangan lupa Like, Share.

Cara membuat Semur Ayam, Tahu, Kentang:
  1. Haluskan, bawang merah, bawang putih, lada butiran dan kemiri lalu tumis hingga harum masukan daun salam dan daun jeruknya tambahkan jintan dan kayu manis masukan potongan ayam aduk2 sampai ayam berubah warnanya, tuang kecap manis aduk rata.
  2. Tambahkan air, garam dan gula pasir aduk2 sebentar biarkan ayam empuk dan kuah berkurang.
  3. Setelah itu masukan potangan tahu dan kentangnya masak sampai semua benar2 matang.
  4. Cicipi bila dirasa kurang pas bisa ditambah penyedap atau tambahkan lada bubuk dan gula pasir.matikan apinya semur siap di hidangkan.
  5. Taruh dalam mangkuk saji taburi atasnya dg bawang goreng.

Semur tahu dan kentang yang lezat bergizi siap dihidangkan. Tiga resep semur tahu di atas bisa banget jadi solusi buat kamu yang mungkin bosan dengan olahan semur lain yang itu-itu saja seperti semur daging , semur jengkol , dan masih banyak lagi. KOMPAS.com - Semur merupakan sup daging pakai kecap. Namun kamu dapat menggantikan daging dengan bahan lain seperti tahu dan kentang. Baca juga: Resep Semur Daging Kambing, Masakan Tanpa Santan buat Idul Adha Cara membuat semur tergolong mudah karena cukup direbus sampai semua bahan matang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Semur Ayam, Tahu, Kentang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved