Resep Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri yang Enak Banget

Georgia Morris   11/11/2020 16:37

Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri
Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri

Anda sedang mencari ide resep soto daging madura dengan sambal kemiri yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto daging madura dengan sambal kemiri yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto daging madura dengan sambal kemiri, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan soto daging madura dengan sambal kemiri enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Resep Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri. Source: buku resep Aneka Kuliner Khas Daerah dan Kota Besar. Termasuk yang saya tandai juga di buku resep sederhana ini.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto daging madura dengan sambal kemiri sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri menggunakan 22 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri:
  1. Gunakan 500 gr daging sapi
  2. Siapkan 2,5 L air
  3. Sediakan 6 lembar daun jeruk, buang batang tengahnya
  4. Gunakan 3 batang sereh, memarkan
  5. Siapkan 1 sdm tepung beras
  6. Gunakan 2 batang daun bawang, iris halus
  7. Gunakan 1 tangkai daun seledri, iris halus
  8. Gunakan Bumbu Halus:
  9. Gunakan 5 butir bawang merah
  10. Gunakan 7 siung bawang putih
  11. Siapkan 1 sdt merica
  12. Sediakan 2 cm kunyit
  13. Gunakan 3 cm jahe
  14. Siapkan 1 sdm munjung garam
  15. Gunakan 1 sdt gula
  16. Siapkan Bahan sambal kemiri :
  17. Sediakan 10 buah lombok merah, rebus
  18. Siapkan 5 butir kemiri, goreng
  19. Sediakan 1/2 sdt peres garam
  20. Siapkan Bahan pelengkap:
  21. Gunakan Bihun, rebus
  22. Gunakan Jeruk nipis

Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri. Source: buku resep Aneka Kuliner Khas Daerah dan Kota Besar. Termasuk yang saya tandai juga di buku resep sederhana ini. Lihat juga resep Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri enak lainnya.

Cara membuat Soto Daging Madura dengan Sambal Kemiri:
  1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan daging, rebus hingga setengah empuk. Angkat daging, potong2.
  2. Panaskan 2sdm minyak, tumis bumbu halus beserta daun jeruk dan sereh sampai kecokelatan, masukkan daging, aduk rata sampai bumbu tercampur. Tuang ke dalam air kaldu. Masak sampai daging matang. Ambil sedikit air kaldu dalam sendok sayur, tambahkan tepung beras, aduk rata. Masukkan kembali ke dalam air kaldu. Tambahkan daun bawang dan daun seledri. Koreksi rasa. Angkat.
  3. Untuk sambal: ulek semua bahan sampai halus. Tambahkan sedikit kuah soto, aduk rata.
  4. Tata bihun dalam piring saji, tuang kuah beserta daging ke atasnya. Lengkapi dengan sambal kemiri dan air jeruk nipis… Segerrr.

Resep Soto Babat Daging Khas Madura. Biar ntar sahur ga ribet, tinggal manasin aja hehehe.. Source: stef jn Nusantara punya beragam jenis soto, salah satu yang banyak digemari yaitu soto daging sapi Madura. Kuah bening soto daging yang gurih dan kaya rempah menjadi ciri khas dari soto daging sapi ini. Cocok untuk sajian hangat dan segar bagi keluarga.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat soto daging madura dengan sambal kemiri yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved