Resep Soto lamongan sambel kemiri, Enak Banget

Ann Keller   18/11/2020 22:49

Soto lamongan sambel kemiri
Soto lamongan sambel kemiri

Lagi mencari ide resep soto lamongan sambel kemiri yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto lamongan sambel kemiri yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Back to my Sambal Kemiri recipe here, I made the one that is specialized for soup or soto such as Soto Ayam Lamongan, Lontong Kikil. There is another recipe of Sambal Kemiri that is used for nasi uduk (Betawi Scented Coconut Rice). That sambal kemiri contains peanuts while this one doesn't have to.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto lamongan sambel kemiri, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto lamongan sambel kemiri yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan soto lamongan sambel kemiri sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto lamongan sambel kemiri memakai 29 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Soto lamongan sambel kemiri:
  1. Ambil 1 ekor ayam ukuran sedang
  2. Ambil secukupnya Air
  3. Siapkan Minyak goreng
  4. Gunakan Jeruk nipis
  5. Siapkan Bumbu halus:
  6. Gunakan 7 siung bawang merah
  7. Ambil 5 siung bawang putih
  8. Sediakan secukupnya Kunyit
  9. Sediakan 7 buah kemiri
  10. Siapkan Lengkuas geprek
  11. Ambil 5 Daun salam
  12. Gunakan 3 batang sereh geprek
  13. Ambil 4 lembar daun jeruk
  14. Gunakan Jahe geprek
  15. Siapkan Gula pasir
  16. Ambil Garam
  17. Sediakan Penyedap rasa (opotional)
  18. Siapkan Pelengkap:
  19. Gunakan 4 bungkus bihun yg kecil
  20. Siapkan 1/2 kol
  21. Ambil Toge
  22. Sediakan Daun bawang+seledri
  23. Ambil Goreng bawang
  24. Ambil Telur rebus
  25. Ambil Sambel kemiri:
  26. Ambil 4 siung bawang putih
  27. Siapkan 15 cabe keriting
  28. Siapkan selera Cabe rawit sesuaikan
  29. Gunakan 10 buah kemiri

Di daerah Jawa Timur sambal kemiri digunakan sebagai pelengkap soto Lamongan, tahu campur. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak. Meskipun demikian, rasa soto ayam Lamongan tidak kalah dengan hidangan-hidangan mewah.

Cara membuat Soto lamongan sambel kemiri:
  1. Potong ayam jadi 4 bagian, cuci bersih lumuri garam dan air jeruk nipis. Biarkan sekitar 15 menit. Lalu cuci bersih.
  2. Ulek bumbu halus yaitu bawang merah + putih, kemiri, kunyit. Lalu tumis sampai harum, masukan lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam, dan sereh. Masukan ayam, aduk sebentar.. lalu masukan air. Biarkan sampai ayam matang, test rasa.
  3. Angkat ayam dari kuah, goreng sampai kecoklatan. Suwir suwir.
  4. Rebus bihun, dan potong2 daun bawang + seledri, iris kol. Rebus telur juga.
  5. Membuat sambel: rebus kemiri, tunggu sekitar 2 menit lalu masukan bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit. Tunggu sekitar 3 menit.. angkat lalu ulek tambahin garem sedikit.
  6. Tips: karena sambelnya cepet basi, bikinnya sedikit sedikit saja ya mom..
  7. Tata di mangkok.. selamat mencobaa!!

Sambal Soto, Rawon, Sop enak lainnya. Resep Soto Lamongan Sambal Kemiri Sumber gambar: Wikimedia. Bagi kamu pencinta masakan pedas, bisa dengan membuat resep soto Lamongan dengan sambal kemiri. Uniknya, meskipun pedas sambal kemiri memiliki cita rasa yang khas dan gurih. Pembeda utama soto Lamongan varian ini ada di bahan kemiri yang digunakannya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto lamongan sambel kemiri yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved