Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto Ayam Kampung sambal kacang, Lezat

Jayden Walsh   16/08/2020 16:19

Soto Ayam Kampung sambal kacang
Soto Ayam Kampung sambal kacang

Sedang mencari ide resep soto ayam kampung sambal kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam kampung sambal kacang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam kampung sambal kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto ayam kampung sambal kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Tadinya mau bikin soto ayam biasa. tapiiii, suami mintanya soto yang seperti sering dia makan jaman kuliah dulu di Purwokerto. Apa lagi kalau bukan Soto/Sroto Sokaraja. Menurutku yang awam ini sih,, perbedaan utamanya di sambal kacang. hhe.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto ayam kampung sambal kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Soto Ayam Kampung sambal kacang menggunakan 28 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Ayam Kampung sambal kacang:
  1. Gunakan 1/2 kg Ayam kampung, rebus,suwir2
  2. Ambil 1/4 butir kol
  3. Gunakan 1 ons toge pendek/kacang hijau
  4. Sediakan 1 bungkus soun mangkok
  5. Gunakan 2 btg bawang daun iris u taburan
  6. Sediakan 2 btg seledri iris u taburan
  7. Siapkan Bawang goreng u taburan
  8. Gunakan Jeruk nipis
  9. Siapkan Kerupuk sumber sari
  10. Siapkan Bumbu di haluskan
  11. Sediakan 6 bawang merah
  12. Ambil 5 bawang putih
  13. Gunakan 3 kemiri
  14. Gunakan 1 cm kunyit
  15. Sediakan Gula putih
  16. Ambil Garam, merica, penyedap
  17. Sediakan Minyak
  18. Siapkan Bumbu cemplung
  19. Gunakan 2 btg serai geprek
  20. Ambil 3 lembar daun jeruk
  21. Sediakan 1 cm jahe iris tipis
  22. Ambil Sambal kacang
  23. Sediakan 1/2 ons kacang tanah,goreng
  24. Ambil 10 rawit
  25. Gunakan 1 cabe merah
  26. Siapkan 2 bawang putih
  27. Gunakan Garam
  28. Gunakan Gula merah

Biasanya soto yg dikasih sambal kacang namanya sroto yg sangat terkenl di daerah banyumasan sana. Dulu, sekali nyobain nih sroto, masyaAllooh sampe keingat trs dan pengin nyobain lagi kpan waktu karena rasanya yg gurih manis sesuai dg lidah saya. Resep Soto daging Ayam Kampung ini merupakan salah satu Resep soto yang paling enak dan mantap. Tak kalah lezat dari berbagai jenis soto yang ada di Indonesia seperti soto ayam banjar, soto ayam lamongan, soto ayam kudus dan aneka soto khas daerah lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Ayam Kampung sambal kacang:
  1. Rebus ayam kampung dengan daun bawang sampai ayam matang, sisihkan. Air bekas rebusan tambah sampai kurang lebih 2 liter. Masukan bumbu cemplung.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan ke dalam panci bekas rebusan ayam. Tambahkan garam, gula putih,penyedap. Test rasa dan matikan api.
  3. Rebus toge pendek 1 menit saja pd air mendidih, angkat tiriskan, soun cukup d rendam saja dgn air dingin 15 menit, angkat, sisihkan. Kol di iris tipis.
  4. Haluskan bahan sambal, aku d blender biar praktis, tumis dgn sedikit minyak hingga air habis, test rasa, angkat, sisihkan.
  5. Susun semua bahan dalam mangkuk, berikut ayam suwir, taburi bawang daun, seledri bawang goreng dan sambal kacang. Tuang kuah perlahan, beri perasan jeruk nipis dan kecap. Soto ayam kampung sambal kacang siap di nikmati dgn pelengkap kerupuk. So yummyyy

Tuangkan bahan tumisan ke dalam air kaldu bekas rebusan ayam. Cita rasa dan cara memasak soto ayam memang berbeda tiap daerah, namun pada dasarnya sama saja. Ada beberapa bahan dasar yang sama, namun tentu selalu ada bahan yang ditambahkan sehingga rasanya berbeda. Penjual soto ayam memang sudah menjamur. Tapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat sendiri soto ayam di rumah Anda.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto ayam kampung sambal kacang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved