Langkah Mudah untuk Membuat Sempol kaki naga, Lezat

Augusta Alvarez   17/06/2020 16:58

Sempol kaki naga
Sempol kaki naga

Sedang mencari ide resep sempol kaki naga yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sempol kaki naga yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sempol kaki naga, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sempol kaki naga enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Menu frozenfood yang wajib ada untuk jadi pilihan lauk #siapramadan utk sikecil dan juga bisa dijadikan menu lauk makan ataupun sahur, pastinya #antiribet ,praktis,simpel dan sehat karena homemade lumayan daripada beli frozenfood kemasan kan moms. Kaki Naga aka Sempol Ayam Kaki Naga. Namanya Sempol Kaki Naga,sempol satu ini cukup istimewa ya, soalnya daging banget.kalo abang abang itu kan lebih banyak tepungnya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sempol kaki naga yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sempol kaki naga memakai 14 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sempol kaki naga:
  1. Ambil 500 gr ayam fillet bag.dada
  2. Sediakan 500 gr udang kupas
  3. Sediakan 2 batang daun bawang
  4. Sediakan 1 ons bawang goreng
  5. Ambil 5 siung bawang putih
  6. Gunakan secukupnya garam
  7. Sediakan secukupnya kaldu bubuk
  8. Ambil secukupnya merica bubuk
  9. Gunakan 1 sendok minyak goreng
  10. Ambil 300 gr Tepung sagu tani
  11. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  12. Sediakan minyak utk menggoreng
  13. Gunakan secukupnya tepung roti
  14. Siapkan 2 butir telur

Hanya bedanya untuk kaki naga bentuknya lebih bulet (gembul/gendut) sehingga mirip ayam goreng yang di tusukan ke bambu. Sedangkan untuk sempol tampilannya lebih ramping hampir mirip dengan sosis goreng ataupun sosis bakar. Mengenal Sempol, kudapan Malang bergaya Korea Sekilas, tampilan Sempol serupa dengan tempura, jenis kudapan kaki lima lainnya yang pun sempat ngehits di Malang. Sempol merupakan kudapan yang terbuat dari adonan daging ayam giling yang berbaur erat dengan terigu dan kanji (dalam beberapa resep menggunakan tepung sagu).

Cara membuat Sempol kaki naga:
  1. Cuci bersih ayam dan udang lumuri dg jeruk nipis agar hilang amisnya
  2. Lalu blender dg cooper atau pencacah daging, bawang putih, daging ayam dan udang sampai lembut
  3. Taruh di wadah bersih lalu masuk kan tepung sagu tani, bawang goreng dan potongan daun bawangke dalam adonan, bumbui lalu aduk sampai rasanya rata, beri 1 telur ayam lalu aduk rata
  4. Didihkan air, lalu lilit kan adonan ke batang ice crem, rebus sampai mengapung
  5. Kocok lepas telur. lalu masuk kan sempol ke dalam telur dan gulingkan ke tepung roti sampai rata
  6. Panaskan minyak goreng, lalu goreng sempol sampai coklat ke emasan, lalu angkat
  7. Sajikan dg saus sambal atau sesuai selera

Keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Pada tahap ini anda bisa menyimpannya di freezer untuk waktu yang lama. Masukkan dalam wadah tertutup rapat dan bekukan di freezer. Jika anda ingin langsung menggorengnya, maka siapkan penggorengan, beri minyak agak banyak dan panaskan. jika anda sedang ingin membuat camilan buat buah hati anda, bisa mencoba kaki naga yang mirip dengan nugget namun dengan cara penyajian yang berbeda, karena. Jadi.silahkan di coba.jika mau di lapis panir juga bisa.jadi Kaki Naga Cumi.mau di lapis telur juga bisa.jadi Sempol cumi ya teman-teman.adonan tetap sama.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sempol kaki naga yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved