Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sempol ayam maya yang Lezat

Rhoda Lawrence   14/10/2020 01:31

Sempol ayam maya
Sempol ayam maya

Anda sedang mencari ide resep sempol ayam maya yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sempol ayam maya yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sempol ayam maya, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sempol ayam maya enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Sempol ayam maya Hawa lagi dingin, laper. Mungkin nama kudapan ini masih asing untuk beberapa orang, tapi ketika anda pergi ke Malang, sempol ayam cukup populer di kota ini. Kudapan praktis ini terbuat dari campuran ayam, tepung tapioka, telur, dan berbagai bumbu lalu digoreng!

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sempol ayam maya sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sempol ayam maya memakai 7 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sempol ayam maya:
  1. Sediakan 50 gram tepung terigu
  2. Sediakan 100 gram tepung tapioka
  3. Ambil 1 sdt lada bubuk
  4. Gunakan 1 sdt garam
  5. Ambil 50 ml air panas
  6. Gunakan 80 gram ayam
  7. Sediakan 1 butir telur, kocok lepas

Sangat cocok anda sajikan sebagai camilan dirumah agar putra-putri anda tidak jajan sembarangan. Secukupnya garam dan penyedap jamur Resep sempol ayam - Di era sekarang ini, banyak sekali muncul jenis jajanan yang terbaru yang merupakan hasil inovasi para pecinta kuliner. Jajanan yang diciptakan semenarik mungkin baik dari segi bentuk, warna maupun rasa agar dapat menguasai pasar perdagangan. Salah satu jajanan hasil inovasi terbaru adalah sempol.

Langkah-langkah membuat Sempol ayam maya:
  1. Potong kecil ayam dan giling hingga lembut.
  2. Masukkan gilingan ayam dalam wadah kemudian tambahkan tepung terigu, tapioka, garam, lada. Aduk hingga rata.
  3. Tambahkan air panas lalu aduk hingga kalis.
  4. Ambil sedikit adonan lalu rekatkan atau lilitkan pada batang bambu.
  5. Rebus lilitan sempol dalam air hingga matang lalu angkat dan tiriskan.
  6. Panaskan minyak dalam wajan lalu goreng sebentar sempol kemudian angkat dan masukkan dalam kocokan telur.
  7. Goreng kembali hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
  8. Sempol siap disajikan dengan saus sambal atau saos favorit kalian :)

Sempol ayam menjadi sebuah jajanan yang enak dan nikmat berasal dari kota Malang. Jajanan khas malang ini dibuat dari olahan campuran tepung terigu, tepung tapioka dan campuran gilingan daging. Penyajiannya sempol ayam ditemani dengan cocolan saus sambal ataupun mayonnaise. Sempol ayam memiliki cita rasa yang enak dan nikmat. Sempolan atau Sempol merupakan makanan/jajanan khas Brebes dan Pekalongan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sempol ayam maya yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved