Resep Sambal Tomat (Sambal Soto) yang Sempurna

Rosetta Brown   02/12/2020 03:47

Sambal Tomat (Sambal Soto)
Sambal Tomat (Sambal Soto)

Anda sedang mencari ide resep sambal tomat (sambal soto) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal tomat (sambal soto) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Fiery fresh chiles are tempered by coconut oil, cherry tomatoes, and tamarind in Lara Lee's punchy Indonesian sauce. Sambal tomat, as the name would suggest, has tomatoes. I use cherry tomatoes or campari, but really any one would work.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal tomat (sambal soto), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal tomat (sambal soto) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal tomat (sambal soto) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal Tomat (Sambal Soto) menggunakan 8 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal Tomat (Sambal Soto):
  1. Siapkan 2 Siung Bawang Putih
  2. Ambil 1 Siung Bawang Merah
  3. Sediakan 15 Buah Cabai Rawit Merah
  4. Ambil 15 Buah Cabai Rawit Hijau
  5. Gunakan 5 Buah Cabai Keriting Merah
  6. Sediakan 1 Buah Tomat
  7. Gunakan 1/2 sdt Garam
  8. Sediakan Sepucuk sdt Gula Pasir

Sambal Soto, Rawon, Sop enak lainnya. Berbicara perihal sambal, sebenarnya saya sudah pernah membagikan aneka sambal yang tidak kalah enaknya dibandingkan dengan sambal tomat. Dulu saya pernah share tentang sambal terasi yang bercita rasa dahsyat menambah lahap pada saat makan. Lihat juga resep Sambal soto lamongan enak lainnya.

Cara menyiapkan Sambal Tomat (Sambal Soto):
  1. Rebus semua bahan sampai empuk (kecuali garam dan gula pasir).
  2. Siapkan ulekan, ulek semua bahan yg sudah direbus (jangan terlalu halus, agar tekstur masih terasa). Tambahkan garam dan gula pasir. Koreksi rasa lalu hidangkan. Mudah bukan?😉

KOMPAS.com - Sambal terasi adalah salah satu sambal paling umum yang kamu temukan di masakan Indonesia. Kamu bisa mencampurkan beberapa bahan sesuai selera, seperti tomat segar yang bisa membuat rasa sambal terasi semakin nikmat. Sambal terasi juga cukup fleksibel untuk dipadukan dengan makanan apa pun, misalnya ayam penyet. Ingin makan sambal yang segar dan tidak terlalu pedas? Sambal tomat sering sekali jadi pilihan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal tomat (sambal soto) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved