Cara Gampang Menyiapkan Pempek sambal khas Jambi Anti Gagal

Eunice Tran   08/09/2020 13:49

Pempek sambal khas Jambi
Pempek sambal khas Jambi

Sedang mencari inspirasi resep pempek sambal khas jambi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek sambal khas jambi yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek sambal ini juga berbeda dari pempek yang biasanya disantap menggunakan cuka yang dikenal sebagai makanan khas dari Sumatera Selatan (Palembang). Pempek Sambal merupakan makanan khas Jambi yang berbahan dasar tepung kanji atau tepung sagu. Dibuat gepeng seperti adonan pempek, lalu ditumis dengan cabai.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek sambal khas jambi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pempek sambal khas jambi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pempek sambal khas jambi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek sambal khas Jambi memakai 14 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pempek sambal khas Jambi:
  1. Ambil 250 gram tepung terigu
  2. Ambil 300 gram tepung sagu
  3. Ambil secukupnya Air panas
  4. Siapkan secukupnya Garam
  5. Siapkan 1 butir Telur
  6. Sediakan Bahan sambal
  7. Siapkan 1 ons cabai merah keriting
  8. Ambil 10 butir cabai rawit
  9. Gunakan 4 Bawang merah
  10. Gunakan 1 Bawang putih
  11. Sediakan sesuai selera Garam penyedap rasa gula
  12. Ambil Pelengkap
  13. Siapkan 2 lembar daun jeruk iris tipis
  14. Siapkan 1 lembar daun kunyit iris tipis

Menjual Makanan / Jajanan Khas Jambi yaitu Pempek Sambal & Roti Maryam khas Arab pempek sambal jambi. Jadi, intinya faktalah yang berbicara dan tak bisa dibohongi ? Kalau denger kata pempek pasti kita langsung teringat dengan kota Palembang. Yupz.pempek adalah salah satu makanan yang sangat populer di kota Palembang.

Langkah-langkah membuat Pempek sambal khas Jambi:
  1. Siapkan baskom untuk mengadon. Masukkan tepung terigu dan garam mix dengan air panas secukupnya. Selang seling dengan tepung sagu sampai kira2 adonan bisa di bentuk. Terakhir masukkan telur, ratakan.
  2. Panaskan minyak goreng hingga agak panas
  3. Goreng dengan Api sedang cenderung kecil hingga matang (hati2 kalo kelamaan bisa meletus) hehe
  4. Angkat dan tiriskan. Siapkan bahan untuk sambalnya
  5. Haluskan bahan sambal kemudian tumis, msukkan daun2 yg telah di iris tipis. Tumis bersama2 hingga wanginya keluar. Cicipi
  6. Onseng2 pempek dan sambal di dalam kuali hingga rata. Pempek siap di hidangkan dan di nikmati

Tapi gak cuma di palembang,ternyata di kota Jambi pun ada yang namanya pempek. Kalau. cara membuat pempek sambal khas jambi. Lihat juga resep Pempek Sambal Khas Jambi enak lainnya. pempek sambel khas jambi. Di bilangan Kemang, Anda bisa santai sambil cicip pempek khas Jambi yang nikmat. Pempek Selamat adalah merek pempek populer di Jambi yang kerap dijadikan oleh-oleh.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek sambal khas jambi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved