Resep Sambal untuk Soto, Lezat

Sean Reynolds   08/09/2020 15:59

Sambal untuk Soto
Sambal untuk Soto

Sedang mencari inspirasi resep sambal untuk soto yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal untuk soto yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sambal Soto, Rawon, Sop enak lainnya. Sambal multi guna, bisa dipakai untuk soto, mie ayam dan bakso atau yg lainnya. Pedasnya pas, segar dan pastinya mantulll.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal untuk soto, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal untuk soto yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal untuk soto yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal untuk Soto memakai 7 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal untuk Soto:
  1. Siapkan 8 bh Cabe rawit (tambahkan jika suka lebih pedas)
  2. Ambil 1 bh Cabe merah besar (bisa diganti cabe keriting)
  3. Ambil 1 btr Kemiri
  4. Gunakan 1 bh Bawang putih
  5. Gunakan Secukupnya Garam
  6. Ambil Secukupnya Gula
  7. Ambil Secukupnya Penyedap (optional)

Kalau untuk sotong, sambal kena kering dulu, sebelum dimasukkan sotong yang telah ditos bagi mengelakkan sambal berkuah dengan air sotong. Sambal untuk soto ayam dibuat dari bahan yang sederhana. Adui, memang tak sabar nak cuba. Lihat juga resep Sambel untuk bakso,mie ayam,soto,bubur ayam enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal untuk Soto:
  1. Siapkan bahan yang diperlukan, sangrai kemiri.
  2. Rebus cabe rawit dan cabe merah sampai matang.
  3. Campur cabe dengan garam, gula, dan penyedap. Ulek sampai halus.
  4. Panaskan sedikit minyak, tumis cabe halus sampai harum dan berminyak. Angkat.

Biarkan airnya keluar dan biarkan sotong separuh masak. Bila dah pecah minyak dan garing,masukkan gula perang untuk. Sambal ini memiliki rasa yang khas yang membedakannya dengan sambal-sambal pada umumnya. Untuk membuatnya pun tidak terlalu sulit, bahan-bahannya pun cukup mudah untuk didapat. Bahan-bahannya cukup tersedia di pasar-pasar tradisional di sekitar rumah kamu.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal untuk soto yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved