Resep Mie Kocok Bandung yang Bisa Manjain Lidah

Julia Patton   14/07/2020 06:41

Mie Kocok Bandung
Mie Kocok Bandung

Lagi mencari inspirasi resep mie kocok bandung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mie kocok bandung yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

The name is originally coming from one of the most famous noodle dish in our hometown, Bandung, located in West Java in Indonesia. Dine In / Take Away - BYO. This is your typical Indonesian restaurant, so I have to warn you before hand this is more or less a self-service restaurant which is typical of Indonesian restaurants.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mie kocok bandung, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mie kocok bandung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mie kocok bandung sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Mie Kocok Bandung menggunakan 23 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mie Kocok Bandung:
  1. Sediakan 250 gram kikil, potong sesuai selera
  2. Sediakan Secukupnya air untuk merebus kikil
  3. Sediakan Secukupnya garam dan merica untuk merebus kikil
  4. Gunakan 1/4 kg tulang sapi
  5. Gunakan Secukupnya air untuk kuah
  6. Ambil Bumbu halus:
  7. Gunakan 7 siung bawang merah
  8. Sediakan 4 siung bawang putih
  9. Gunakan 2 cm jahe
  10. Ambil Bumbu pelengkap:
  11. Sediakan secukupnya garam, gula, merica bubuk, kaldu sapi
  12. Ambil 2 batang sereh, ambil putihnya lalu memarkan
  13. Ambil 2 lembar daun salam
  14. Siapkan 2 cm lengkuas, geprek
  15. Siapkan 2 batang daun bawang utuh
  16. Siapkan 2 batang seledri utuh
  17. Ambil Pelengkap:
  18. Siapkan Toge, seduh air panas lalu tiriskan
  19. Sediakan Mie basah kuning, seduh sebentar
  20. Sediakan Daun seledri, iris2
  21. Sediakan Sambal rawit
  22. Sediakan Bawang goreng
  23. Siapkan Kecap manis

Setiap mie kocok yang disajikan punya rasa dan tentunya harga yang berbeda. Kompas.com mendatangi beberapa tempat mie kocok legendaris di Kota Bandung. Untuk rasa bisa diacungi jempol karena gerai mie. Mie kocok Bandung merupakan mie kuning yang memiliki kuah kaldu sapi yang cukup kental.

Langkah-langkah membuat Mie Kocok Bandung:
  1. Rebus kikil hingga empuk. Saya di potong besar2 dulu. Setelah setengah empuk saya potong kecil2. Lalu rebus lg hingga benar2 empuk. Lalu angkat dan tiriskan. Selama proses merebus kikil hingga empuk, saya beberapa kali menambahkan air.
  2. Dalam panci lain rebus air untuk kuah bersama tulang hingga berkaldu.
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi, lalu masukan salam, sereh, lengkuas. Masak hinga harum.
  4. Lalu masukan bumbu tumisan ke air kuah kaldu. Masukan juga daun bawang dan seledri.
  5. Beri bumbu2, lalu test rasa. Sesuaikan selera masing2. Masak hingga mendidih lagi. Angkat daun bawang dan seledri utuhnya.
  6. Penyajian. Tata mie kuning, toge dan kikil di mangkok. Lalu seduh kuah. Beri kecap dan seledri, bawang goreng dan sambal.
  7. Sajikan panas.

Kemudian diberi irisan tendon kaki sapi atau kikil, toge bakso, jeruk nipis, bawang goreng, taburan daun bawang serta seledri, sehingga untuk rasa yang dihasilkan mie kocok sangat lah lezat. Di Bandung, mie kocok ini sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan. Biasanya mie ini dijual dengan menggunakan gerobak lalu didorong keliling. Tapi, kita juga bisa menemukan gerobak mie kocok yang sedang mangkal. Biasanya, mangkalnya di tempat-tempat yang ramai seperti di sekolah, daerah perkantoran, bahkan di pusat perbelanjaan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mie Kocok Bandung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved