Langkah Mudah untuk Membuat Empek Empek Dos (tanpa ikan) yang Enak Banget

Jeffery Luna   02/10/2020 08:26

Empek Empek Dos (tanpa ikan)
Empek Empek Dos (tanpa ikan)

Anda sedang mencari inspirasi resep empek empek dos (tanpa ikan) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal empek empek dos (tanpa ikan) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empek empek dos (tanpa ikan), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan empek empek dos (tanpa ikan) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah empek empek dos (tanpa ikan) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Empek Empek Dos (tanpa ikan) menggunakan 17 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Empek Empek Dos (tanpa ikan):
  1. Sediakan 150 gr tepung terigu
  2. Sediakan 7 Siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  3. Siapkan 3 sdt kaldu jamur
  4. Siapkan 1 sdt garam
  5. Gunakan 1/4 sdt merica
  6. Gunakan 300 ml air
  7. Siapkan 300 gr tepung tapioca
  8. Ambil 2 butir telur
  9. Gunakan 3 butir telur di kocok lepas
  10. Sediakan Bahan cuko:
  11. Siapkan 7 buah cabe keriting
  12. Gunakan 7 siung bawang putih
  13. Siapkan 1/2 sdt garam
  14. Sediakan 300 ml air
  15. Siapkan 250 gr gula aren
  16. Ambil 3 sdm gula pasir
  17. Siapkan 1 sdm asam jawa campur sedikit air

Untuk wong palembang tulen pasti tahu dong pempek dos. yups pempek non ikan umum dimaksud juga pempek sagu. Jadi pempek di buat hanya memakai kombinasi tepung terigu, di resep pempek dos ini. Entah kenapa dinamakan demikian, namun pempek dos punya artian pempek tanpa ikan. Jadi, bahan dasar pempek dos ya cuma sagu.

Cara menyiapkan Empek Empek Dos (tanpa ikan):
  1. Campur tepung terigu, bawang putih, kaldu jamur, garam, dan merica, masukkan air dan masak dengan api sedang sambil di aduk hingga kalis.
  2. Pindah adonan ke wadah. Campur dengan 2 butir telur dan aduk. Kemudian tambahkan dengan tepung tapioca. Aduk.
  3. Rebus air terlebih dahulu. Lumuri tangan dengan tapioca agar tidak lengket. Bentuk adonan dengan melubangi tengahnya dan masukkan telur yang di kocok lepas. Rapatkan kembali adonan, lumuri dengan tapioca, dan masukan ke air yang telah mendidih. Angkat ketika telah mengapung.
  4. Tambahkan 1 sdm tapioca ke dalam minyak sebelum menggoreng agar tidak lengket.
  5. Cuko: blender cabe, bawang putih dan garam dan air.
  6. Masak dengan gula aren, asam jawa. Tambahkan gula pasir. Masak dengan api besar hingga mendidih kemudian turunkan ke api sedang. Matikan dan saring cuko.

Pempek dos belakangan jadi favorit yang karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih. Walau tanpa ikan, pempek dos dijamin tetap enak dipadu kuah cuko asam dan pedas. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan. Jadi berakhirlah saya, di hari Minggu kemarin, berkutat di dapur membuat pempek tanpa ikan yang ternyata rasanya tetap gurih dan lezat.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Empek Empek Dos (tanpa ikan) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved