Cara Gampang Membuat Kuah pempek sederhana yang Lezat Sekali

Margaret Marsh   25/10/2020 01:41

Kuah pempek sederhana
Kuah pempek sederhana

Lagi mencari ide resep kuah pempek sederhana yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kuah pempek sederhana yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kuah pempek sederhana, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kuah pempek sederhana yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Kuah pempek sederhana. #resepkelimaku #kuahcuko #cukopempek #cukapempek Kuah pempek ini sangat sederhana dan murah, tapi enak dan pas disajikan dengan pempek bandung. Kuah pempek yg kental dan enak, favorit keluarga pastinya. Kalau sudah nyoba kuah ini, ga bakal pindah ke lain hati pokoknya😘 Ani Brilian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan kuah pempek sederhana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kuah pempek sederhana memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kuah pempek sederhana:
  1. Siapkan 1200 ml Air
  2. Sediakan Gula merah 250gr (jika keras, sisir dulu)
  3. Siapkan 7 siung Bawang putih
  4. Sediakan Cabe keriting 1 buah (suka pedas boleh ditambah ya)
  5. Sediakan Cabe rawit 3 buah (suka pedas boleh ditambah ya)
  6. Gunakan Asam jawa 3 buah (me: beli diwarung yang sudah diplastik kecil)
  7. Ambil 3 sdm gula putih (tidak suka terlalu manis kurangi)
  8. Siapkan 1 sdm Garam
  9. Siapkan Royco sedikit (optional)

Cuko sekarang juga dicampur irisan mentimun. Tujuannya untuk menambah kesapan di pempek Cuko. Nah kalau kamu tak menyukai ikan atau ingin membuat pempek dengan budget yang lebih ringan, kamu juga bisa membuat pempek lezat tanpa ikan. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek.

Langkah-langkah membuat Kuah pempek sederhana:
  1. Rebus air 1200 ml sampai agak mendidih.
  2. Haluskan bawang putih, cabe rawit, cabe keriting dan asam jawa. Ulek.. (aku ga terlalu halus diuleknya, masih agak bertekstur cabai merah dan keriting)
  3. Masukkan bumbu yang sudah diulek itu, kedalam rebusan air. Aduk.. Tunggu sekitar 5-10 menit agar bumbu harum (matang)
  4. Masukkan sisiran gula merah, 3sdm gula putih kemudian aduk..
  5. Masukkan sedikit royco dan 1 sdm garam. Koreksi rasanya
  6. Jika masih terlalu manis tambahkan garam atau royco..

Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Pempek wajib hukumnya disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Merdeka.com - Makanan yang satu ini identik dengan kota Palembang, dengan rasanya yang gurih diguyur kuah asam manis pedas. Cara membuat pempek sebenarnya sederhana, tetapi butuh ketepatan agar rasa dan teksturnya pas.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat kuah pempek sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved