Langkah Mudah untuk Membuat Soto mie yang Enak Banget

Victor Valdez   25/08/2020 21:56

Soto mie
Soto mie

Anda sedang mencari ide resep soto mie yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto mie yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto mie, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto mie enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Soto mie, Soto mi, or Mee soto is a spicy Indonesian noodle soup dish commonly found in Indonesia, Malaysia, and Singapore. Mie means noodle made of flour, salt and egg, while soto refers to Indonesian soup. Soto mie, Soto mi, (atau disebut Mee soto di Malaysia dan Singapura) (Aksara Sunda Baku: ᮞᮧᮒᮧ ᮙᮤᮈ) adalah hidangan mi berkuah kaldu berbumbu yang lazim ditemukan di Indonesia lebih tepatnya di Sunda, Bogor, Jawa Barat.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto mie yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto mie menggunakan 23 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Soto mie:
  1. Siapkan Sandung lamur & kikil
  2. Gunakan bumbu
  3. Gunakan 4-5 butir kemiri (sangrai)
  4. Gunakan Kunyit (bakar)
  5. Gunakan 5-6 bawang merah
  6. Gunakan 4-5 bawang putih
  7. Ambil Jahe (geprek)
  8. Ambil 2 bh sereh (geprek)
  9. Siapkan 2 lembar daun salam (buang ujung2nya)
  10. Sediakan Merica
  11. Sediakan Garam
  12. Gunakan Air
  13. Sediakan mangkok Bahan pelengkap di
  14. Gunakan Kol (iris)
  15. Sediakan Bihun jagung
  16. Gunakan Mie kuning basah
  17. Gunakan Risol
  18. Ambil Sambal, kecap
  19. Gunakan Daun seledri
  20. Sediakan Bawang goreng
  21. Sediakan Emping
  22. Ambil Jeruk limo
  23. Sediakan Cuka

Daily Beetle oleh Kevin MacLeod berlisensi Creative Common. Soto mie merupakan salah satu kuliner yang populer di Indonesia. Kuliner khas Bogor yang biasanya dijual di gerobak ini menggunakan tetelan sapi dan kikil sebagai bahan dasar. Selain itu, soto mie dilengkapi dengan potongan risoles, bihun, mie kuning, emping, dan sambal.

Cara membuat Soto mie:
  1. Rebus sandung lamur dan kikil…jika sudah empuk tiriskan dan iris2 jika ingin di sajikan
  2. Haluskan bumbu…tumis…masukan bumbu tumis ke panci yg bekas rebusan sandung lamur dan kikil
  3. Koreksi rasa…dan jangan lupa tambahkan garam dan merica di mangkok saji 😊
  4. Untuk risol saya beli risol yg ada dipasar…jd sampai rumah tinggal di goreng
  5. Selamat mencoba 😊

Resep dengan petunjuk video: Cuaca dingin begini emang paling mantap jika menyantap hidangan yang menghangatkan. Sajikan antaran ini panas-panas, agar kuahnya makin terasa segar. Kalau dari analisaku sich ini kuah soto daging biasa. Soto mie Baikut, tapi kali ini agak kecewa karna babat yang merupakan campuran dari soto mie tersebut habis. Rasa gurih-gurih agak sedikit manis layaknya kaldu daging babi menjadi dominan di menu ini Untuk pilihan menu kedua bisa pesan lo mie nya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto mie yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved