Resep CUKO mpek-mpek yang Sempurna

Hester Malone   01/09/2020 08:34

CUKO mpek-mpek
CUKO mpek-mpek

Lagi mencari ide resep cuko mpek-mpek yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko mpek-mpek yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko mpek-mpek, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cuko mpek-mpek yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Bola Bola Tahu - Kuah Cuko. Kuah cuko siap dijadikan pendamping makan mpek mpek Palembang yang sudah digoreng tadi Perpaduan rasanya yang asam manis pedas terasa pas saat dimakan bareng empek empek tengiri yang gurih dan sedap. Makanan ini kaya protein dan memang paling sedap dimakan sore hari sebelum makan malam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cuko mpek-mpek sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat CUKO mpek-mpek menggunakan 6 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan CUKO mpek-mpek:
  1. Siapkan 1/2 Gula batok
  2. Ambil Cabe rawit
  3. Sediakan 3 buah cabe keriting
  4. Sediakan Bawang putih
  5. Sediakan 1/2 sdt garam
  6. Siapkan 400 ml Air

Tuang air asam jawa lalu aduk rata dan saring. Cara Penyajian: Goreng pempek sampai matang. Potong-potong pempek goreng dan sajikan bersama siraman cuko, timun dan mie kuning. Lihat juga resep Pempek DOS Empuk enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan CUKO mpek-mpek:
  1. Tuang air 400 ml / sesuai kebutuhan bunda2 semua yak. Masukkan gula batok yang warna hitam sampe melarut. ini aku rekomendasiin untuk pembuatan cuko mpek2. Aku sih sering keliling tukang gula, klo yg warna hitam trs bentuknya kaya batok kelapa aku langsung beli. Kalo sudah larut angkat dan saring gulanya
  2. Haluskan bawang putih, rawit dna cabe keriting, lalu tumis sebentar biar ga mentah.
  3. Abis itu tuangin lagi deh gulanya ke tumisan cabe
  4. Masukin 1/2 sdt garam, kalo suka asin bisa ditambah. Icip2 dlu mom, sesuai selera. Aduk2 sampe mendidih, kalo pengen kental banget rebusnya api kecil agak lamaa biar nyusut

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra. It is made of fish and sago flours and served together with a dark, rich sauce called cuko.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cuko mpek-mpek yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved